ANTARAJAWABARAT.com, 11/2 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu mendukung rencana Wali Kota Bandung Dada Rosada yang ingin menjadikan Bandung sebagai Kota Pusat Seni, Budaya dan Industri Kreatif.

"Kota Bandung merupakan ada cikal bakalnya (sebagai Kota Pusat Seni, Budaya dan Industri Kreatif)," kata Marie Elka Pangestu, usai menghadiri Kirab Budaya Cap Go Meh 2012 di Jalan Cibadak Kota Bandung, Sabtu.

Menurut Marie, salah satu cikal bakal Kota Bandung sebagai pusat industri kreatif ialah munculnya industri distro dan seni rupa.

"Cikal balaknya sudah ada, Distro muncul di sini (Kota Bandung), banyak pusat desain seni rupa di Kota Bandung," katanya.

Oleh karena itu, kata Marie, pihaknya tinggal memfasilitasi usulan Pemkot Bandung yang ingin menjadikan Kota Bandung sebagai Pusat Seni, Budaya dan Industri Kreatif.

"Tinggal membuatnya dalam satu ozona memfasilitasi. Bekerja sama dengan Pemda. Pemda membuat rencana pusat seni budaya dan industri kreatif," ujarnya.

Ia menambahkan, selama ini salah satu keluhan utama dari pelaku industri kreatif ialah tidak tersedianya tempat untuk menampilan hasil karyanya.

"Keluhan utama dari industri kreatif, ialah mereka kesulitan untuk mengeluarkan pameran, pagelaran, melakukan pemberdayaan. Mereka tidak terfasilitasi," katanya.

Ia menuturkan, sangat disayangkan kalau Kota Bandung yang kaya akan kreatifitas dan sumber daya manusia yang kreatif, jika tidak difasilitasi.

"Jadi dengan rencana Pak Wali kota Bandung Dada Rosada yang ingin mejadikan Bandung sebagai kota seni budaya, akan lebih lengkap ditambah sebagai Kota Seni Budaya dan Kreatif," katanya.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012