ANTARAJAWABARAT.com, 10/2 - Pelakanaan tender proyek pengembangan dan peningkatan kapasitas Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung senilai Rp70 miliar akan dilelang pekan depan.

"Proses perluasan dan peningkatan kapasitas Bandara Husein dalam waktu dekat ini dilakukan, lelang proyeknyaakan digelar pekan depan," kata General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, Eko Diantoro di Bandung, Jumat.

Menurut Eko seluruh proses dan prosedur untuk pengembangan dan peningkatan kapasitas bandara itu sudah dilakukan, beberapa tahapan masih terus dilakukan. Salah satunya berkoordinasi dengan TNI-AU karena lahan di kawasan itu merupakan kawasan TNI-AU.

Namun demikian, berdasarkan pembicaraan yang sudah dilakukan, para prinsipnya pengembangan bandara itu bisa dilakukan dan ditargetkan bisa menampung sekitar dua juta penumpang per tahun.

"Jumlah penumpang dari dan ke Bandara Husein Sastranegara Bandung setiap tahun terus meningkat menyusul penambahan jadwal penerbangan. Saat ini rata-rata 900 penumpang per hari," kata Eko.

Pengembangan bandara itu akan dilakukan dalam tiga tahun ke depan dengan total anggaran yang diperlukan mencapai Rp370 miliar.

Salah satu pengembangan yang dilakukan adalah pembangunan terminal seluas 6.000 meter persegi, termasuk memperluar lahan parkir dan kargo, untuk kenyamanan penumpang," katanya.

Sementara itu tren pendapatan dan keuntungan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung setiap tahunnya terus meningkat. Keuntungan PT Angkasa Pura II dari pengoperasian bandara itu pada 2011 mencapai Rp14 miliar. Pada 2012 PT Angkasa Pura II menargetkan keuntungan senilai Rp21 miliar.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012