Kwartir Daerah Pramuka Jawa Barat menargetkan 39 Kampung Pramuka hadir di Kabupaten Tasikmalaya sepanjang 2022 sebagai wujud komitmen bersama memasyarakatkan gerakan pramuka hingga pelosok desa.

"Saya mengapresiasi Kabupaten Tasikmalaya. Periode sebelumnya telah hadir sembilan Kampung Pramuka, dan insyaallah untuk pengurus berikutnya bisa menghadirkan 39 Kampung Pramuka tahun ini," kata Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil dalam keterangan pers Humas Pemprov Jabar di Bandung, Rabu.

Baca juga: Kwarda Jabar luncurkan Super Aplikasi Pramuka Jabar Juara

Atalia melantik Mabicab dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya Masa Bakti 2022-2027 di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya.

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto dilantik sebagai Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), sedangkan Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen sebagai Ketua Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya.

Kak Atalia menilai gerakan pramuka di Kabupaten Tasikmalaya memiliki keunggulan yang tidak dimiliki daerah lain, di antaranya keagamaan dan seni budaya.


"Saya berharap bisa diteruskan oleh kepengurusan berikutnya sehingga menjadi inspirasi bagi kabupaten/kota lain," katanya.

Merespons kemajuan zaman, Kak Atalia meminta gerakan pramuka Jabar agar adaptif, solutif, dan kreatif.

Baca juga: Kwarda Jabar klarifikasi terkait video kampanye pilgub

"Saat ini kita berhadapan dengan disrupsi informasi dan 'global warming' (pemanasan global), maka pramuka harus hadir jadi yang terdepan. Menjadi katalisator kemudian juga sosialisasi di masyarakat menghadirkan solusi bagi masyarakat," tuturnya.

Apalagi, melihat antusiasme para pemangku kepentingan yang hadir dalam kegiatan itu, ia optimistis hal tersebut dapat menumbuhkan kerja sama yang optimal sehingga gerakan pramuka bisa memberikan kemanfaatan untuk masyarakat.

"Saya bangga dan bahagia sekali menunjukkan bahwa mereka (pemangku kepentingan) begitu cinta kepada gerakan pramuka," ujarnya.

Pelantikan digelar secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, mengingat angka kenaikan kasus COVID-19 di Jabar meningkat.

Baca juga: Kwarda Pramuka Jabar Usulkan Anggaran Dari Bos

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022