Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan ada 222 acara pariwisata dan kebudayaan berskala kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional masuk dalam agenda West Java Calendar of Event 2022 (WJCOE 2022).

"Dari sebanyak 222 event yang akan digelar di tahun ini, sebanyak 50 event yang terkurasi akan di-launching pada acara WJCOE 2022," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar dalam peluncuran acara WJCOE 2020 di Kota Bandung, Selasa.

Dia mengatakan pandemi COVID-19 tidak hanya mempengaruhi sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi. Kurang lebih dua tahun pandemi berlangsung, perekonomian di bidang industri kreatif, khususnya penyelenggaraan kegiatan MICE cenderung merosot.

Baca juga: 352 acara pariwisata siap ramaikan kalender agenda Jawa Barat 2021

Banyak pelaku meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) atau pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran, sulit mengadakan perhelatan tatap muka langsung karena adanya aturan pembatasan kegiatan masyarakat.

Untuk mengatasi situasi ini, kata Benny, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat menyusun kebijakan guna mendorong dan mengembalikan gairah keberlangsungan industri kreatif di Jawa Barat, melalui WJCOE 2022.

Baca juga: Kalender agenda wisata Jawa Barat 2021 digelar daring dan luring

Menurut Benny, proses kurasi dilakukan tim independen Keni Kurniasari Soeriaatmadja, Dicky Sukmana, dan Ricky Arnold melalui aspek 3C, yaitu creative value, CEO commitment dan commercial value, dengan berbagai macam kategori kegiatan yaitu seni budaya, tradisi, fesyen, musik, olahraga, industri kreatif, teknologi, MICE dan lainnya.

Acara peluncuran West Java Calendar of Event 2022 rencananya dimeriahkan oleh beberapa penampilan apik artis skala nasional asal Jawa Barat seperti Zufari, Samba Sunda, Savra Panca, Peemjedeem feat Merak Bodas dipandu MC Noorman dan Atika Bestari.

Kegiatan ini dapat disaksikan oleh masyarakat umum pada official account Youtube Smiling West Java.

Baca juga: Jawa Barat targetkan 48 juta wisnus dan 1,8 juta wisman

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan Jawa Barat memiliki segala kapasitas untuk menjadi provinsi terbaik dari ekonomi pariwisata.

"Ekonomi kita sedang tumbuh di atas tiga persen kemudian juga insya Allah Omicron terkendali. Dengan BOR rumah sakit tidak terlalu tinggi, hari ini hanya 20 persen," kata dia.

Ridwan mengatakan ke-50 acara yang dikurasi dalam ajang WJCOE 2022 diharapkan bisa mewakili dalam wajah pariwisata Jawa Barat.

"Saya banyak meresmikan program-program yang selesai di 2021. Dari mulai di Alun-alun Sukabumi, Alun-alun Cirebon dan Alun-alun Kuningan dan lain-lain. Kemudian pembangunan Menara Kujang Sapasang di Sumedang terus berlangsung," kata dia.

Baca juga: Setiap dua hari sekali ada acara wisata di Jabar, kata Ridwan Kamil

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022