ANTARAJAWABARAT.com,16/1 - Ikan pirik (jenis ikan kecil) hasil tangkapan nelayan tradisional pesisir utara Indramayu, Jawa Barat, bisa membantu mengatasi kesulitan pakan ternak bebek memasuki awal musim penghujan.

"Awal musim hujan sejumlah peternak bebek tradisional di Pantura Kabupaten Indramayu masih tetap kesulitan pakan ternak, namun kini bisa terbantu dengan melimpahnya ikan pirik sebagai pakan tambahan,"kata H Bandori salah seorang peternak bebek tradisional di Pantura Kabupaten Indramayu kepada wartawan di Indramayu, Senin.

Penggunaan pakan ikan pirik telur bebek yang dihasilkan kualitasnya cukup baik dan bisa dijadikan bahan telur asin organik, selain itu kata Bandori pertumbuhan bebek terjaga juga masih hemat biaya karena harga ikan pirik sekitar Rp800 per kilogram.

Ia menjelaskan, ikan pirik segar cocok bagi bebek yang sedang bertelur sehingga peterna di Pantura diuntungkan dengan hasil tangkapan nelayan, berbeda dengan peternak bebek di daerah lain mereka terpaksa menyediakan pakan olahan pabrik.

Sementara itu Dedy Aryanto Manager Tempat Pelelangan Ikan Glayem Indramayu menuturkan, hasil tangkapan nelayan untuk jenis ikan pirik masih stabil hingga mampu menyediakan pakan tambahan bagi sejumlah peternak bebek di Pantura Kabupaten Indramayu.

Harga jual ikan pirik bervariasi dan naik turun tergantung hasil tangkapan nelayan, kini ikan pirik tersebut dijual sekitar Rp 800 per kilogram, biasanya jika melimpah anjlok hingga Rp600 per kilogram, namun sebaliknya tangkapan sedikit mencapai Rp2000 per kilogram.

Permintaan ikan pirik untuk kebutuhan tepung ikan dan pakan ternak cukup tinggi, karena sepanjang pesisir Kabupaten Indramayu peternakan bebek semakin meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, dirinya berharap mereka berkembang pesat.

Ahmad Maulana peternak lain di Indramayu menuturkan, ikan pirik dapat membantu atasi kesulitan pakan saat ini karena lahan gembala berupa sawah usai panen masih butuh waktu, kini petani baru memasuki musim tanam sekitar tiga bulan pakan mulai mudah.

Ia menjelaskan, salah satu pilihan petenak di daerah Pantura Indramayu menyediakan ikan pirik untuk tetap mempertahankan usaha ternak mereka, selain menguntungkan pasokan ikan pirik tersebut aman karena tangkapan nelayan bisa diandalkan.

enjang S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012