Perpustakaan Rumah Pelangi yang diusung oleh Gerakan UI Mengajar bertujuan untuk mendorong semangat literasi anak-anak di SDN Karangbungur. Perpustakaan yang dalam prosesnya memakan waktu selama kurang lebih dua minggu ini pun akhirnya resmi dibuka oleh Kepala Sekolah SDN Karangbungur dan disaksikan oleh seluruh anak-anak dan wali kelas di sekolah dasar tersebut, mulai dari kelas satu hingga enam, serta panitia dan pengajar dalam Gerakan UI Mengajar.

Peresmian perpustakaan Rumah Pelangi dilaksanakan pada Sabtu yang diawali oleh sambutan dari pihak sekolah dan Gerakan UI Mengajar. Kemudian, dilanjutkan dengan serah terima buku secara simbolis dari Gerakan UI Mengajar ke SDN Karangbungur dan berlanjut ke pengumuman Duta Rumah Pelangi yang berasal dari siswa/i SDN Karangbungur untuk membuka pintu perpustakaan. 

Dalam prosesnya, anak-anak di SDN Karangbungur juga turut terlibat dalam membangun perpustakaan sekolahnya dengan sangat antusias terlebih dalam hal pengecatan tembok, perapihan buku, dan finalisasi perpustakaan sebelum akhirnya diresmikan pada hari ini. 

Setelah perpustakaan Rumah Pelangi diresmikan pun, anak-anak SDN Karangbungur langsung menyerbu buku-buku di perpustakaan untuk dibaca.

Tak lama setelah menikmati buku di perpustakaan, anak-anak kemudian langsung diajak untuk mengikuti kelas informal "Kenali Nusantara" yang dikonsep oleh Leon Alvinda Putra, Ketua BEM UI 2021 sekaligus penanggung jawab kelas, yang bertujuan untuk mengenalkan
budaya tradisional Indonesia seperti tarian, rumah, pakaian, lagu, dan permainan tradisional daerah yang dikemas dengan permainan dan praktik langsung. 

Kelas pun berganti menuju kelas informal lainnya yang yaitu “Kelas Pendidikan Diri” yang membawa edukasi tentang pengenalan emosi untuk kelas 1-3 SD dan edukasi perihal pubertas untuk kelas 4-5 SD yang diisi langsung oleh Wakil Ketua BEM UI 2022, Arinny Shafira Khairunisa.

“Pengadaan perpustakaan Rumah Pelangi dan kegiatan-kegiatan dari Gerakan UI Mengajar untuk SDN Karangbungur ini merupakan bentuk nyata perwujudan tri dharma perguruan tinggi, tepatnya pada aspek pengabdian masyarakat” ucap Leon Alvinda Putra selaku Ketua BEM UI 2021 yang membawahi Gerakan UI Mengajar 11. 

Disamping itu, ia juga memiliki harapan agar perpustakaan Rumah Pelangi serta kelas-kelas baik kelas formal di kelas maupun kelas informal dapat memberikan dampak baik dalam jangka panjang untuk anak-anak sekolah dasar Karangbungur pada kehidupan mereka sehari-hari.

Gerakan UI Mengajar sebagai gerakan pengabdian masyarakat tidak hanya mendukung pendidikan formal sekolah dasar sebagai sasaran kegiatan utamanya, melainkan juga pendidikan informal dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan UI Mengajar meyakini bahwa keseimbangan antara pendidikan formal dengan informal sangat diperlukan, terutama pada usia dini masa sekolah dasar guna mengembangkan kreativitas anak-anak.
 

Pewarta: Humas Gerakan UI Mengajar 11

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022