Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat dalam meminta pemerintah pusat menangani pembangunan Jalan Bojonggede - Kemang (Bomang).

"Harus ada perhatian dari (pemerintah) pusat, karena jalan itu harus terealisasi dan selesai agar perekonomian masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar jalan itu, bisa terangkat," kata Rudy di Cibinong, Bogor, Senin.

Ia mengaku sepakat dengan langkah yang diambil oleh Pemkab Bogor agar pembangunan jalan Bomang diambil alih pemerintah pusat, sehingga nantinya menjadi jalan nasional.

Rudy menyebutkan bahwa bantuan pemerintah pusat dibutuhkan untuk melanjutkan pembangunan jalan yang membutuhkan anggaran triliunan rupiah, mengingat keterbatasan APBD Kabupaten Bogor.

"Intinya kalau mengandalkan APBD akan sangat berat. Kan di Bomang itu ada pembangunan jembatan dan lainnya, itu butuh anggaran yang tidak sedikit. Jadi sangat perlu bantuan dari pusat,” kata Rudy.

Sebelumnya, Pemkab Bogor, Jawa Barat menyurati Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenai nasib pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang) yang membutuhkan jalan layang (flyover).

"Ibu Bupati sudah bersurat dan meminta Kemenhub ikut memikirkan ini meski pada akhirnya pembangunan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, saya rasa kalau disampaikan ke Kemenhub masih masuk," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin.
Menurutnya, "flyover" dibutuhkan agar Jalan Bomang yang kini masih dalam tahap pengerjaan jalur lambat dapat terhubung dengan Jalan Tegar Beriman atau pusat Pemerintahan Kabupaten Bogor.

Pasalnya, Jalan Bomang dengan Jalan Tegar Beriman saat ini terpisah dengan jalur KRL Jabodetabek dan aliran sungai. Sehingga opsi pembangunan "flyover" menjadi menjadi jauh lebih baik dibanding membangun "underpass".

Burhan menyebutkan, Jalan Bomang-Tegar Beriman, pada akhirnya akan menghubungkan Jalan Raya Bogor-Parung dan Jalan Raya Bogor-Jakarta. Bahkan, menjadi semakin strategis karena akan ada Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) di wilayah Tajurhalang.

"Juga akan nyambung ke tol Bogor Outer Ring Road (BORR). Jadi akan memudahkan mengkoneksikan langsung Bogor dengan Banten dalam hal ini Ciputat, Tangerang Selatan," jelas Burhan.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022