Pengamat politik dan Guru Besar Universitas Padjadjaran (Unpad) Bidang Keamanan Dalam Negeri Prof Muradi menilai adanya isu pergantian Sekda Kota Bandung Ema Sumarna berkaitan dengan evaluasi kinerja di lingkungan Pemkot Bandung.

Dia mengibaratkan reposisi jabatan yang akan terjadi di lingkungan Pemkot Bandung seperti halnya sepak bola. Menurut dia, jika pemain tersebut tidak sesuai ekspektasi pelatih maka pergantian pemain merupakan hal yang wajar.

"Jadi kepala daerah itu ibarat pelatih dalam tim sepak bola, dia bisa mengganti pemain di tengah jalan, bahkan ada yang baru 20 menit, 10 menit bisa saja langsung diganti," kata Muradi di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Plt Wali Kota Bandung kemungkinan bakal ganti sekda

Dalam hal ini, menurutnya Sekda berperan sebagai jembatan ke masyarakat atau publik. Sehingga selain penilaian dari kepala daerah, menurutnya masyarakat bisa menilai sendiri kinerja Sekda atau pejabat lainnya.

Adapun ia memandang urgensi pergantian pejabat di lingkungan Pemkot Bandung itu berkaitan dengan arah kebijakan pemimpin baru yakni Yana Mulyana sebagai Plt Wali Kota.

"Mungkin Yana punya kebijakan yang lebih progres misalnya. Dan mungkin itu tidak bisa dilakukan oleh birokrasi yang ada saat ini. Kalau ditanya boleh gak diganti, ya boleh," kata Muradi.

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik sekaligus Pakar Hukum Tata Negara Universitas Katolik Parahyangan Prof Asep Warlan Yusuf mengatakan evaluasi ASN perlu dilakukan terutama pejabat yang menempati posisi strategis.
Namun, kata dia, penilaian kinerja pejabat saat ini cenderung lebih susah dilakukan karena adanya pandemi COVID-19 yang menyebabkan timbulnya keterpurukan, tak terkecuali di dalam pemerintahan.

"Memang dua tahun ini dimana pun semua daerah punya masalah seperti itu. Jadi kalau mau dilihat memang agak susah kalau dua tahun terakhir ini," kata Asep.

Baca juga: Plt Wali Kota Bandung rotasi pejabat guna tuntaskan janji Oded

Sehingga Asep pun mengaku tidak bisa menilai kinerja para pejabat lebih jauh. Pasalnya, dia menyebut kinerja Pemkot yang harus melakukan pengalihan anggaran ke penanganan kesehatan di tengah pandemi COVID-19 pun perlu jadi pertimbangan.

Sebelumnya, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana membuka kemungkinan untuk mengganti Sekretaris Daerah (Sekda) sepeninggal wafatnya Wali Kota Bandung periode 2018-2023 Oded M Danial.

Menurut Yana, Sekda yang kini diisi oleh Ema Sumarna perlu dievaluasi untuk mengetahui proses kinerjanya. Namun apabila kinerjanya telah baik, maka menurutnya pergantian jabatan tak perlu dikhawatirkan.

"Sekda itu kan jabatan eselon II. Jadi harus dievaluasi, untuk mengetahui kinerjanya selama ini, apakah perlu untuk diganti atau tidak," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Senin (27/12).

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022