ANTARAJAWABARAT.com,28/10 - Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda meresmikan peluncuran Kampung Wisata di Dago Pojok, Bandung, Jumat.

Kepada wartawan, Ayi mengatakan, Kampung Wisata tersebut merupakan tambahan untuk tujuan wisata di Kota Bandung yang kemudian bisa menjadi percontohan bagi kampung lainnya yang ada d kota tersebut.

"Saya ingin Kampung Wisata yang ada di Dago ini menjadi contoh bagi kampung lain yang ada di Kota Bandung sehingga Kampung Wisata ini bukan hanya di Dago tetapi daerah lain pun mampu memperlihatkan kreatifitas masyarakatnya," kata Ayi.

Ia mengakui, warga Dago Pojok memiliki warga yang berkreativitas tinggi dan itu menunjukan bila Kota Bandung adalah kota kaya akan seni budaya.

Kemudian, dia mengatakan, untuk terbentuknya lagi Kampung Wisata di daerah lain yang ada di Kota Bandung, perlu dukungan dari masyarakat karena bagaimanapun masyarakat kampung tersebut yang menjadi kunci agar terwujudnya kampung tersebut.

"Memang tergantung keinginan warganya, kalau warga kampungnya tidak ingin kampungnya menjadi Kampung Wisata akan sulit dan Kampung Wisata Dago ini merupakan hasil dari kesuksesan Rahmat Jabaril dalam memberi keyakinan bagi warganya," kata dia.

Sebagai Pemerintah Kota, Ayi mengatakan, pihaknya akan ikut mempromosikan Kampung Wisata tersebut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, kemudian pembangunan infrastruktur menuju kampung wisata tersebut.

"Sebagai Pemerintah, kami sudah memfasilitasinya, kemudian penyiapan infrastruktur yang baik, dan promosi ke daerah lain bahkan ke negara-negara asing," jelasnya.

Ayi mengakui jalan menuju Kampung Wisata itu masih belum ideal dari yang diharapkan sehingga rencananya Pemkot akan memperbaikinya di 2012 karena untuk tahun 2011 tidak mungkin Pemkot menganggarkan dana perbaikan jalan menuju Kampung Wisata tersebut.

Selain itu, menurut dia, rencananya kampung itupun akan menerapkan penghijauan melalui konsep pertanian kota yang dipadu dengan Bandung hijau dan bersih.

"Media tanamnya sudah disiapkan, kami tinggal mensosialisasikannya dan mendistribusikan tanaman tersebut ke Kampung Wisata ini," tukas Ayi.***4***

Pauzi

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011