Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, mempercepat program vaksin COVID-19 terutama bagi lansia melalui program gerebek desa. 

"Kegiatan ini digelar untuk mempercepat capaian vaksinasi lansia. Kami juga melibatkan para tenaga kesehatan puskesmas, bidan desa, personel TNI, dan Bidokkes Polresta Cirebon sebagai vaksinator," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman di Cirebon, Selasa.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Kota Cirebon tidak berhenti meski sudah 100 persen

Ia mengatakan capaian vaksinasi massal kali ini sebanyak 28.168 orang. Mereka mengikuti vaksinasi massal di sejumlah lokasi. Di antaranya, Vaksinasi gerebek desa yang digelar di desa dan kelurahan di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Selain itu, ada juga vaksinasi mobile Bidokkes Polresta Cirebon bekerja sama dengan Tim Indonesia Pasti Bisa (IPB).

"Kami juga melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah (door to door) kepada lansia yang melibatkan bidan desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa," tuturnya.
Vaksinasi massal ini dalam rangka akselerasi terbentuknya "herd immunity" masyarakat Kabupaten Cirebon. Agar pandemi COVID-19 yang hingga kini masih melanda segera berakhir.

Baca juga: Pemkot Cirebon segera vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun

Arif berpesan kepada seluruh warga yang telah mendapat vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, vaksinasi bukan jaminan membuat kebal dari COVID-19 sehingga mereka masih mempunyai kemungkinan terpapar.

"Kami mengimbau agar protokol kesehatan selalu diterapkan setiap saat, bahkan jika perlu diperketat lagi. Dari mulai memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas," katanya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Kota Cirebon capai target 100 persen

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021