Lembaga kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) menyalurkan donasi Bantuan Kemanusiaan Musim Dingin untuk pengungsi Palestina sebesar Rp100 juta yang diterima secara simbolis oleh Duta Besar Palestina untuk Republik Indonesia, Zuhair Al-Shun dari Pembina AWG Imaam Yakhsyallah Mansur di Kedutaan Besar Palestina Jakarta, Senin (29/11/2021).

Penyerahan donasi tersebut dalam rangka puncak Pekan Solidaritas Palestina yang diinisasi AWG, digelar pada Peringatan Hari Solidaritas Internasional untuk Rakyat Palestina. 

Ketua Presidium AWG, M Anshorullah,  mengatakan, bantuan yang disalurkan dari dari para dermawan masyarakat Indonesia akan dialokasikan sepenuhnya untuk barang-barang yang dibutuhkan dalam menghadapi musim dingin seperti pakaian hangat dan makanan.

Baca juga: Indonesia desak GNB cari solusi permanen bagi Palestina

“Donasi ini merupakan wujud nyata dari kepedulian rakyat Indonesia kepada saudara-saudara kita di Palestina. Semoga bantuan Winter Aid (Bantuan Musim Dingin) ini bermanfaat untuk sedikit meringankan beban warga Gaza dan mempererat persaudaraan rakyat Palestina dengan rakyat Indonesia,” katanya.

Anshorullah menyatakan, AWG berkomitmen untuk terus ikut berpartisipasi dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina dan pembebasan Masjid Al-Aqsa bersama rakyat Indonesia. 

"Dengan ini AWG mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rakyat Indonesia, relawan, dan lembaga-lembaga yang sudah bekerja keras untuk keperluan ini. Semoga Allah Ta’ala mencatatnya sebagai amal sholeh dan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda. Aamiin, " pungkasnya. 

Duta Besar Palestina untuk Republik Indonesia, Zuhair Al-Shun, memastikan penyaluran donasi rakyat Indonesia yang diberikan melalui AWG, segera disalurkan untuk membiayai berbagai program kemanusiaan di Palestina.

“Donasi akan disalurkan ke Yerusalem dan wilayah Palestina lainnya.....,” tegas Zuhair Al Shun.

Sebelumnya, sebanyak 50 pesepeda peserta Gowes Al-Aqsa Solidaritas Palestina tiba di Kedubes Palestina Jakarta, disambut Dubes Zuhair Al-Shun setelah mengayuh sepedanya dengan memakai atribut Palestina.

Gowes Al-Aqsa yang digelar AWG Biro Jabodetabek mengambil rute Cibubur-Kedubes Palestina Jakarta ini juga salah satu rangkaian kegiatan Pekan Solidaritas PalestinaAWG guna menyambut seruan PBB yang menetapkan tanggal 29 November menjadi Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina.

Program bantuan musim dingin AWG diluncurkan setiap tahun pada musim dingin di Palestina yang berlangsung selama bulan November sampai Januari. 

Meskipun di negeri yang panas, khas Timur Tengah, musim dingin di Palestina berlangsung ekstrem. Suhu bisa mencapai 3C.

Warga Palestina harus berjuang menghadapi ganasnya cuaca dingin ditengah rasa was-was akan misil-misil Pendudukan Israel yang siap meluncur kapan saja.

Untuk Donasi program bantuan kemanusiaan AWG dapat disalurkan melalui rekening Bank BNI Syariah dengan Nomor Rekening: 8605130000018168 atas nama Al Aqsa Working Group, dengan Kontak Person: Rustam Efendi (0821 7984 9941).

Baca juga: Indonesia beri komitmen bantuan Rp32,1 miliar untuk Palestina

Gelar Talkshow

Aqsa Working Group (AWG) juga menggelar acara Talkshow 'Millennial Peacemaker Forum'  pada Ahad (28/11/2021) di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika No. 65, Kota Bandung, Jawa Barat.

Gedung Merdeka adalah situs sejarah tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 yang lalu diikuti 29 negara, salah satunya utusan Palestina. Saat ini hanya Palestina yang belum memperoleh kemerdekaan secara penuh.

Gedung Merdeka juga memiliki nilai sejarah amat tinggi sebagai simbol perlawanan terhadap imperialisme dunia.

Talkshow ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pekan Solidaritas Palestina (PSP) yang diselenggarakan  AWG pada 22-29 November 2021.

Sebagai pembicara kunci adalah Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil, Duta Besar Palestina untuk Indonesia HE. Zuhair Al-Shun, dan Direktur Timur Tengah Kemenlu RI Bagus Hendraning Kobarsyih. Selain itu, pembina AWG Imaam Yakhsyallah Mansur memberikan pengantar dan sambutan dari AWG.

Pembicara lainnya, Kepala BAKESBANGPOL Jabar Raden Iip Hidayat, Presidium AWG Ir. Nur Ikhwan Abadi, Influencer Al-Quds Palestina Bilal Anbar, yang juga pengurus AWG Palestina tinggal di Gaza,  influencer nasional CEO dan Co-Founder Umma Indra Wiralaksmana.

Acara ini digelar secara hybrid (luring dan daring) dengan perkiraan peserta 200 orang, 100 orang diundang hadir di lokasi acara, dan yang lainnya melalui daring atau Zoom.

Dengan adanya kegiatan ini semua elemen pemuda dan milenial dapat bergerak secara berjamaah membebaskan Masjidil Aqsa dan Palestina.

"Harapannya semua elemen pemuda dan milenial di Jawa Barat khususnya Bandung tersampikan pesan Bergerak, Berjamaah bebaskan Al-Aqsa dan Palestina," ujarnya.

Baca juga: RI inisiasi pertemuan DK PBB bahas isu aneksasi Palestina

Pekan Solidaritas Palestina

Pekan Solidaritas Palestina (PSP) merupakan acara tahunan yang diinisiasi oleh Aqsa Working Group (AWG) dalam rangka mendukung pembebasan Masjidil Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

Agenda PSP juga dalam rangka menyambut seruan PBB yang menetapkan tanggal 29 November menjadi Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina.

Tahun ini, mengangkat tema “Bergerak Berjama'ah Bebaskan Al-Aqsha dan Palestina,” AWG juga akan meluncurkan buku “Pembebasan Masjidil Aqsha Kewajiban Seluruh Umat Islam”, pameran foto, Roadshow Film Palestina. Selain itu juga telah dilaksanakan kegiatan Gowes Al-Aqsha di beberapa wilayah, dan pengibaran bendera Palestina di puncak gunung.

Aqsa Working Group (AWG) adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum Muslimin untuk mendukung Masjid Al-Aqsa dan membantu perjuangan rakyat Palestina.
 

Pewarta: Humas AWG

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021