Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Jabar Quick Response (JQR) menyerahkan bantuan kursi roda kepada keluarga anak kembar siam asal Kabupaten Garut yakni Ai Putri Dewi Ningsih dan Ai Putri Anugrah.

Ketua Umum JQR Bambang Trenggono di Bandung, Rabu, mengatakan, pertemuan kemarin merupakan penyerahan kursi roda untuk ketiga kalinya kepada keluarga anak kembar siam tersebut.

"Kami berikan tiga kursi roda, satu untuk di dalam rumah, satu untuk di luar dan satu lagi untuk latihan keseimbangan berjalan," ujar Bambang.

Bambang menuturkan, gadis kembar siam dari Garut ini mendapatkan atensi dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Sebelumnya mereka telah video call dengan pak Ridwan Kamil," ujarnya.

Kursi roda khusus yang digunakan merupakan bantuan dari galang dana yang dilakukan oleh Jabar Quick Response (JQR) bersama dengan Rumah Yatim.

Irwan (42), ayah kandung dari gadis kembar siam menjelaskan bahwasanya hingga saat ini, kondisi kesehatan Putri dan Dewi cukup baik, hanya saja kedua putrinya tersebut masih kesulitan untuk menyeimbangkan diri.

“Kondisi kesehatan Putri dan Dewi baik untuk sekarang ini, kalaupun ada masalah, saya langsung konsultasi juga dengan pihak Puskesmas,” ujar Irwan.

Tak lupa Irwan mengucapkan banyak terima kasih kepada JQR dan Rumah Yatim yang telah memberikan bantuan dan perhatian kepada putri kembarnya.

Ai Putri Dewi Ningsih disapa Dewi dan Ai Putri Anugrah disapa Putri merupakan anak kembar siam, secara medis kedua anak ini dinilai merupakan satu-satunya kembar siam di Indonesia yang bisa bertahan hidup dengan kondisi yang sehat.

Pada 29 Oktober 2021 mereka baru saja merayakan ulang tahunnya yang kedelapan dan di usia tersebut mereka berharap agar tidak merepotkan ayahnya lagi.

Baca juga: Basarnas dan JQR latih relawan kebencanaan di 27 kabupaten/kota Jabar

Baca juga: JQR dan Basarnas perkuat kapasitas penanganan bencana di Jawa Barat

Baca juga: Jabar Quick Response-Eiger gelar vaksinasi COVID-19 di Bogor

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021