Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menyatakan pada prinsipnya sektor pariwisata Jabar akan mengikuti petunjuk dan aturan yang digariskan oleh Pemerintah Pusat, khususnya terkait rencana penerapan PPKM Level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Ancaman gelombang ketiga COVID-19 harus dihindari, terutama di Jawa Barat. Dalam waktu dekat kita akan koordinasikan dengan daerah terutama untuk penerapan PPKM Level 3. Jawa Barat ini kan tujuan wisata, tapi kami berharap kebijakan teknis harus turun jauh-jauh hari sehingga kami bisa membuat struktur turunan yang lebih jelas," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik di Bandung, Senin.

Pihaknya meminta rencana penerapan PPKM level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 segera menghasilkan petunjuk teknis agar persiapan di lapangan tidak serba mendadak dan merugikan sektor pariwisata.

Menurut Dedi kepastian soal teknis PPKM Level 3 saat libur natal dan tahun baru penting bagi para pelaku pariwisata juga pemangku kebijakan daerah mengambil sikap.

Dia saat ini pariwisata Jawa Barat mulai bergairah dilihat dari tingginya angka kunjungan dan hunian hotel.

"Bergairahnya pariwisata di Jawa Barat itu tergantung leveling, saat ini pertumbuhan ekonomi Jabar lagi positif. Pengetatan dalam dua minggu perubahan itu terasa dan berpengaruh," katanya.

Disparbud Jabar, kata Dedi bersama kabupaten/kota terus memastikan bahwa obyek wisata dan stakeholder pariwisata untuk terus mematuhi protokol kesehatan.

Ia mengatakan antisipasi jelang natal dan tahun baru sudah dilakukan sejak saat ini dengan mengejar herd immunity di tempat wisata dan pedesaan.

"Di lapangan 3 T itu tetap kita lakukan, sekarang vaksinasi mobile juga terus digenjot. Kalau nanti level 3 itu mewajibkan antigen kita lakukan, jika aturannya berbeda tentu desainnya kita sesuaikan,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga memastikan Satgas COVID-19 di lokasi wisata akan kembali diaktifkan da pembatasan pengunjung menurut pemantauannya telah ditaati para pengelola.

Baca juga: Bima Arya: Penerapan PPKM level 3 saat Nataru agar ekonomi tidak jatuh

Baca juga: Menko PMK: Penerapan PPKM level 3 saat Natal dan Tahun Baru disertai wajib vaksin

Baca juga: Gubernur Jabar dukung PPKM Level 3 saat libur akhir tahun
 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021