Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Garut, Jawa Barat, menjaring masyarakat lanjut usia (lansia)  di Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi yang terdampak banjir bandang untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

"Vaksinasi di Desa Sukalilah ini tentunya memberikan tambahan pada ketercapaian target vaksinasi 40 persen lansia di Kabupaten Garut," kata Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Garut juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Pemkab Garut Nurdin Yana di Garut, Senin.

Ia menuturkan telah menerjunkan tim vaksinator  untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ke berbagai daerah termasuk  di daerah yang pernah terdampak bencana banjir bandang sekaligus menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

Capaian vaksinasi COVID-19 di Garut, kata Nurdin, secara umum dosis pertama sudah mencapai 51 persen lebih dari total sasaran vaksin sebanyak 1,9 juta orang tersebar di 42 kecamatan.

"Vaksin dosis satu di kita sudah 51 persen," katanya.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran lansia dan juga masyarakat umum lainnya di Desa Sukalilah melibatkan tim dari Dinas Kesehatan Garut, TNI, Polri, dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Sukamulya.

Petugas di lapangan melakukan vaksinasi dengan mendatangi langsung ke rumah warga yang diketahui ada warga lansia, kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan dalam kondisi sehat sebelum mendapat vaksin.

Dalam kegiatan vaksinasi itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Garut Asep Surachman sempat membantu lansia dengan cara digendong untuk menuju tempat dilaksanakannya vaksinasi.

Asep berharap kerja sama semua pihak dalam mensukseskan vaksinasi itu bisa menjadikan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Garut berubah dari Level 3 jadi Level 2.

"Ini demi Garut untuk segera masuk Level 2," katanya.

Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 di Garut turun, ini alasannya

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Garut tinggal 1 persen menuju PPKM Level 2

Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 di Garut catat 42 persen

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021