Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam peringatan Hari Pahlawan mengajak masyarakat agar mengenang jasa para pahlawan untuk membuktikan Indonesia merupakan bangsa yang tangguh.

Menurutnya masyarakat perlu menuangkan nilai-nilai jasa para pahlawan dengan gotong royong membangun negeri. Pasalnya jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi itu jangan sampai disia-siakan.

"Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi, yang tentunya tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia," kata Dadang di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sadu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Dia juga meminta masyarakat Kabupaten Bandung untuk tetap mengenang dan menghargai jasa para pahlawan. Ia meyakini, negara yang besar adalah negara yang menghargai jasa pahlawan.
 
“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi pada peringatan Hari Pahlawan ini. 'The founding fathers' (bapak pendiri negara) kita Soekarno mengungkapkan, bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” katanya.

Berbeda dengan para pahlawan yang berjuang mengangkat senjata, menurutnya, saat ini generasi penerus bangsa harus berjuang melawan sejumlah permasalahan, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19.
 
Oleh karenanya, ia mengimbau generasi muda untuk menjadi pahlawan masa kini, dengan memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.
 
“Kami yakin, apabila di setiap jiwa generasi muda tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan, maka berbagai masalah bangsa ini akan dapat diselesaikan,” kata dia.

Baca juga: 281 nama terukir di Monumen Perjuangan Pahlawan COVID-19 di Kota Bandung

Baca juga: Wali Kota Bandung ajak hargai pahlawan dengan cara aktif kurangi sampah

Baca juga: Bandung Resmikan Jalan Sukarno Pada Hari Pahlawan

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021