ANTARAJAWABARAT.com, 10/8 - Mayjen TNI Muhammad Munir mulai bertugas sebagai Pangdam III/Siliwangi yang baru menggantikan Mayjen TNI Moeldoko.

Pisah sambut orang nomor satu di Kodam III/Siliwangi itu dilakukan di Makodam III/Siliwangi di Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu sore.

Hadir pada kesempatan itu Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan, Ketua DPRD H Irfan Suryanagara, Kajati, Ketua Pengadilan Tinggi Jabar serta Wakil Wali Kota Bandung H Ayi Vivananda.

Hadir pula tokoh dan mantan Gubernur Jawa Barat yang juga salah satu sesepuh Kodam III/Siliwangi Solihin GP serta sejumlah tokoh Jabar lainnya.

"Saya bukan orang baru di Kodam III/Siliwangi, karena saat masih Letda saya bertugas di wilayah Jawa Barat," kata Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Munir.

Pada kesempatan itu, Pangdam menyatakan komitmennya untuk melanjutkan program yang telah dirintis pendahulunya, Mayjen Moeldoko yang mengemban tugas baru sebagai Wakil Gubernur Lemhanas.

Salah satunya, kata dia adalah meningkatkan sinergitas dan pembinaan di kalangan generasi muda, pesantren, ormas dan juga dengan potensi masyarakat lainnya dalam rangka menjaga dan meningkatkan kondusifitas wilayah.

"Saya akan semaksimal mungkin mengantisipasi sekecil apapun gangguan yang mengancam keamanan dan ketertiban di Jabar sekaligus menjamin pembangunan di Jabar Banten berjalan dengan baik," kata M Munir yang juga mantan ajudan Presiden SBY itu.

Ia menyebutkan, sebagai Pangdam III/Siliwangi memiliki dua tugas penting yang sebagai pembina satuan dan pembina kewilayahan.

Sementara itu mantan Pangdam III/Siliwangi, Mayjen Moeldoko menyatakan apresiasi kepada seluruh jajaran Kodam III/Siliwangi dan masyarakat Jawa Barat yang telah andil menjadikan Jabar dan Banten tetap kondusif.

"Saat ini dituntut untuk eksis pada kondisi global ke depan, persyaratannya harus terbentuknya stabilitas politik dan ekonomi," kata Moeldoko.

Salah satunya adalah menggalang kekuatan dan potensi generasi muda untuk ikut dalam pengembangan potensi dan pemberdayaan masyarakat. Ia menyebutkan upaya Kodam III/Siliwangi menghimpun potensi kawula muda termasuk kalangan kampus.

"Bersama mahasiswa IPB kami berusaha mentransformasikan ilmu dan meningkatkan minat pemuda untuk cinta dan punya keinginan untuk menggarap sektor pertanian, perikanan dan peternakan," katanya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan menyambut Pangdam III/Siliwangi yang baru dan berharap bisa melanjutkan sejumlah program yang telah dirintis bersama Pemprov Jabar.

"Koordinasi dan kerjasama dengan Kodam III/Siliwangi selama ini sangat berperan dalam mengurusi warga Jabar yang jumlahnya terbesar se-Indonesia," kata Ahmad Heryawan dalam sambutannya.

-syarif-

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011