Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi  kepada seorang pemuda yang telah menghasilkan inovasi dengan menciptakan mesin perontok padi sehingga memberikan manfaat dan kebanggaan bagi daerah setempat.

"Semoga dengan informasi teknologi, melalui inovasi yang dibuat saudara Samsul, berupa mesin perontok padi dapat menjadi pemacu para pemuda-pemudi di Kabupaten Ciamis," kata Herdiat saat Peringatan ke-93 Sumpah Pemuda tingkat Kabupaten Ciamis di Pendopo Pemkab Ciamis, Jawa Barat, Kamis.

Ia menuturkan Samsul Zuhri, pemuda asal Kecamatan Lakbok, telah melakukan inovasi yang memberikan manfaat bagi sektor pertanian dengan membuat mesin perontok padi.

Karya yang diciptakannya itu, kata Herdiat, telah mengharumkan nama Kabupaten Ciamis karena menjadi juara 1 sebagai pemuda pelopor tingkat provinsi dan mengharumkan daerah Jawa Barat karena lolos tiga besar di tingkat nasional.

"Pada momen ini kita patut berbangga, karena salah satu pemuda dari Kabupaten Ciamis, khususnya dari Kecamatan Lakbok, menjadi Pemuda Pelopor Juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat, dan alhamdulillah sudah masuk ke tiga besar di tingkat nasional," katanya.

Bupati yang bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda menyampaikan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali dengan tema yang diusung di Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021, yakni "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh".

Bupati menyampaikan tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada Tahun 1928 dalam sumpah pemuda untuk Indonesia.

"Di tangan pemudalah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia," katanya.

Ia menambahkan pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras, dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara tugas pemuda saat ini, lanjut dia, harus sanggup memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

"Untuk itu momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda," katanya.

Baca juga: Bupati Ciamis dorong pemuda berwirausaha di tengah pandemi corona

Baca juga: Kaum muda harus bermanfaat, pesan Wapres

Baca juga: Peran pemuda penting dalam penanganan pandemi, kata Wali Kota Bandung

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021