Wali Kota Bandung Oded M Danial dalam momentum peringatan ke-93 Sumpah Pemuda menyebut peran pemuda menjadi salah satu unsur yang penting dalam penanganan pandemi COVID-19.

Oded menuturkan, sejak pandemi COVID-19 melanda Kota Bandung, beragam gerakan pemuda bermunculan. Mulai dari gerakan sosial saling bantu sesama, gebyar vaksinasi, hingga program kebangkitan ekonomi.

"Saat menghadapi COVID-19 ini, saya melihat para pemuda sangat luar biasa. Mulai dari silih asah, silih asih. silih asuh yang sangat luar biasa membangun kohesif. Juga membangun perekonomian dengan ekonomi kreatif pemuda," kata Oded di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Oded berharap, beragam aktivitas yang positif dari pemuda di Kota Bandung terus berlanjut dan berkembang. Dengan menebar banyak manfaat bagi masyarakat, menjadi implementasi terbaik peran kepemudaan dalam mengisi kemerdekaan.

"Kalau dulu spiritnya merebut atau menciptakan kemerdekaan. Sekarang mengisi kemerdekaan ini dengan gagasan kreatif dan inovatif. Sekaligus mengisi berkah kenikmatan kemerdekaan ini," katanya.

Menurutnya peringatan Sumpah Pemuda juga menjadi pengingat bagi para kawula muda di Indonesia untuk memperkuat solidaritas.

Pasalnya, Oded mengatakan pemuda di Kota Bandung memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari lintas agama dan lintas suku bangsa yang harus bersatu membangun Indonesia.

"Mudah-mudahan di hari Sumpah Pemuda ini mengingatkan kita kembali khususnya pemuda Kota Bandung untuk memiliki spirit sumpah Pemuda pada 1928," kata Oded.

Baca juga: Wagub Jabar ajak pemuda satukan visi bangun bangsa

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Mahfud sebut tekad pemuda mampu runtuhkan gunung

Baca juga: Presiden sebut waktunya pemuda jadi pemimpin untuk menangkan kompetisi

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021