Pemkab Cianjur, Jawa Barat, berharap mendapatkan porsi belanja hibah terbesar untuk pemulihan ekonomi dan pembangunan di wilayah selatan salah satunya untuk pembangunan infrastruktur pelabuhan.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Senin, mengatakan pengajuan dana hibah Rp157 miliar kepada Pemprov Jawa Barat sudah dilakukan untuk berbagai bidang pembangunan di enam wilayah selatan Jabar.

"Salah satunya Cianjur, dimana program pembangunan selatan Cianjur, akan kami fokuskan mulai dari pembangunan poros jalan tengah Jabar, hingga pembangunan pelabuhan Jayanti, sebagai upaya meningkatkan angka kunjungan wisata ke Cianjur," katanya.

Ia menjelaskan pembangunan infrastruktur ini dapat memudahkan wisatawan maupun investor yang akan menanamkan modal di Cianjur selatan dan menggerakkan kinerja perekonomian daerah.

Sesuai dengan petunjuk Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, ungkap Herman, pihaknya segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan dana aspirasi guna mewujudkan percepatan pembangunan di Cianjur selatan, termasuk pembangunan poros tengah dan vertikal Jabar selatan.

"Kami juga belum tahu, berapa dana yang akan didapat masing-masing wilayah dari dana percepatan pembangunan Jabar tersebut, namun kami berharap mendapat sebesar-besarnya, agar semua program dapat terwujud," katanya.

Ia menambahkan penyaluran dana percepatan pembangunan Jabar selatan itu, termasuk untuk persiapan terwujudnya pemerintahan baru atau Daerah Otonomi Baru Cianjur Selatan, yang rencananya akan dimekarkan.

"Kalau sarana dan prasarana penunjang sudah tersedia, ini merupakan upaya untuk pemekaran Cianjur Selatan menjadi kabupaten segera terwujud," katanya.

Baca juga: Pasien COVID-19 yang jalani isolasi di RSUD Cianjur tinggal empat orang

Baca juga: Capaian vaksinasi Cianjur naik jadi 34 persen selama sepekan
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021