ANTARAJAWABARAT.com, 20/6 - Universitas Indonesia membiayai 30 penelitian untuk pengabdian masyarakat yang dilakukan para dosen dari seluruh fakultas dengan nilai sebesar Rp1,2 miliar.

"Sebanyak Rp1,2 miliar dana hibah telah digunakan untuk membiayai 30 penelitian pengabdian masyarakat," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono di Depok, Senin.

Menurut dia, UI sebagai perguruan tinggi yang membawa nama bangsa Indonesia memiliki misi menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis riset untuk pengembangan ilmu, teknologi, seni dan budaya, serta menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia serta kemanusiaan.
Dikatakannya, sesuai dengan misi UI tersebut dan visi UI menjadi universitas riset kelas dunia, kegiatan riset pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat adalah hal yang penting bagi UI untuk turut meningkatkan derajat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengatakan, pihaknya melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI) akan melakukan presentasi mengenai Laporan Hibah Pengabdian Masyarakat UI 2010.

Beberapa judul pengabdian masyarakat yang akan dipresentasikan adalah Pelatihan Analisis Data Kecelakaan Lalu Lintas Untuk Pemerintah Daerah dan Kepolisian Resor Kota Depok (Ir. Alan Marino, M.sc).

Berikutnya Perberdayaan masyarakat dalam pencegahan Flu Burung (Sudarti Kresno), Upaya Pemberantasan Penyakit Tinea Imbrikata atau Kaskoda di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat (Kusmarinah Bramono), Peningkatan Kemampuan Tenaga Terampil Bidang Minyak dan Gas Bumi Melalui Penggambaran Perpipaan (Asep Handaya Saputra).

Selain itu juga akan mempresentasikan hasil penelitian dengan judul Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Pesuningan Melalui Penerapan Teknologi Sel Surya Untuk Penerangan Jalan (Abdul Halim), Pelatihan Intensifikasi Pembuatan Abon Ikan Patin (Nelson Saksono), dan lainnya.

Vishnu mengatakan, fokus Pengabdian Masyarakat (Pengmas) adalah pada tindak nyata dan aplikatif sebuah kegiatan ilmiah dan atau penelitian dengan tujuan untuk mengabdi dan melayani masyarakat.

Kegiatan Pengmas yang dilakukan UI tidak hanya untuk masyarakat sekitar lingkungan kampus UI melainkan juga hingga ke pelosok desa di Indonesia timur.

Pengmas adalah salah satu bentuk kesinambungan penelitian ilmiah yang telah dilakukan para sivitas akademika UI dan diterapkan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat merasakan secara riil akan hasil dari penelitian tersebut.

Feru L

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011