ANTARAJAWABARAT.com, 1/6 - Universitas Indonesia membuka pendaftaran seleksi masuk secara online melalui http://penerimaan.ui.ac.id mulai 3 Juni hingga 24 Juni 2011.

"Pelaksanaan seleksi masuk (SIMAK) UI 2011 merupakan bentuk pemerataan kesempatan untuk menempuh studi di UI tanpa membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial dan tingkat kemampuan ekonomi," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono di Depok, Rabu.

Ia mengatakan, SIMAK UI merupakan ujian masuk terintegrasi dari seluruh jenjang pendidikan di UI yaitu jenjang vokasi/D-3 hingga jenjang doktoral/S-3.

Dikatakannya, sebagai bentuk komitmen UI dalam mendukung kebijakan pemerintah, pada 2011 kuota SIMAK UI ditetapkan sebesar 15-25 persen dari total mahasiswa baru yang diterima UI dan sisanya diterima melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).
Menurut dia, besarnya biaya pendidikan bagi mahasiswa S1 reguler yang diterima melalui SIMAK UI sama dengan mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN yaitu bersifat berkeadilan sesuai dengan kemampuan penanggung jawab finansial calon mahasiswa.

Untuk ujian tertulis akan dilaksanakan serentak pada 3 Juli 2011 di 10 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia dan satu lokasi ujian di luar negeri yaitu Brussel, Belgia.

SIMAK UI adalah seleksi masuk terpadu, yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk dapat memilih satu hingga empat program pendidikan dengan maksimum hingga 8 program studi.

Biaya formulir sebesar Rp200.000 untuk program IPA/IPS (2 pilihan pertama) dan Rp250.000 untuk program IPC, serta tambahan biaya Rp750.000 untuk pendaftar di program kelas internasional.

Materi yang diujikan pada SIMAK UI 2011 yakni untuk kelompok IPA adalah kemampuan dasar dan kemampuan IPA, sedangkan kelompok IPS adalah kemampuan dasar dan kemampuan IPS. Kelompok IPC yang diujikan adalah kemampuan IPA, kemampuan IPS dan kemampuan Dasar.

Pelaksanaan ujian SIMAK UI yaitu Jakarta/Depok, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Samarinda dan Brussel, Belgia.
Keberadaan panitia lokal ini dimaksudkan untuk mempermudah penyelenggaraan ujian di daerah dengan menyediakan tempat ujian, pengawas ujian, dan membantu peserta yang memiliki kendala berupa terbatasnya akses internet di daerah.

Feru L

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011