Bandung, 3/5 (ANTARA-jbr) - Sebanyak 12 guru dari sejumlah sekolah di Bandung menggelar lukisan bersama selama 10 hari untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional.
"Kami ingin memperlihatkan bahwa guru bukan hanya berkewajiban mendidik murid di kelas, tapi juga mendidik mereka agar bisa mengungkapkan ekspresi lewat karya seni," kata Inne Kaniawati, guru yang juga menggelar karya dalam pemeran itu, di Bandung, Selasa.
Menurut Inne Kaniawati, pameran yang digelar sejak 2 Mei di Jalan Siliwangi No. 7 itu mengetengahkan karya 10 gurun perempuan dan dua guru laki-laki.
Walaupun pameran itu untuk memperingati Hardiknas, menurut dia, tema yang diusung para guru tersebut tidak terikat masalah tertentu. "Yang paling kami tonjolkan adalah kami ini merupakan guru yang seniman," kata Inne.
Dia mengatakan, pameran bersama dari para guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Pelukis Bandung itu merupakan yang kedua kalinya.
"Guru berkewajiban mendidik anak menjadi anak yg berguna...., Guru juga manusia yang ingin mengungkapkan ekspesinya lewat karya seni...," kata guru yang memamerkan dua lukisan dan dua seni grafis itu.
Menurut dia, karyanya yang berjudul "Tergolek" dijual dengan harga Rp7 juta, dan 50 persen hasil penjualan karya itu akan disumbangkan untuk kaum duafa.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011