Depok, 27/4 (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) melalui Center for the Study of Governance (UI-CSG) dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi UI (LM-FEUI) menjalin kerja sama dengan The Iclif Leadership and Goverment Centre (ICLIF) dalam pengembangan dan pembelajaran program tata kelola perusahaan (corporate governance).

"Setiap perusahaan di Indonesia harus siap menghadapi tantangan
dan tuntutan dalam perekonomian global," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Rabu.

Penandatanganan kerja sama akan dilakukan oleh Wakil Rektor UI Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri Sunardji dan Rajeev Peshawaria, CEO ICLIF pada Kamis (28/4) di Semeru Room, Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

Visnu mengatakan, UI-CSG adalah bagian dari jaringan dunia yang diprakarsai oleh the Hills Program on Governance di Washington.

UI-CSG menyediakan berbagai kegiatan akademik bekerja sama dengan perusahaan bisnis, instansi pemerintah dan organisasi sipil untuk mempromosikan penerapan prinsip-prinsip "good governance" di lingkungan masing-masing.

LM-FEUI merupakan lembaga akademis yang sudah dikenal dengan divisi manajemen-konsultasi bekerja sama dengan beberapa klien dalam memecahkan masalah manajemen melalui penelitian, konsultasi dan pelatihan.

Dikatakannya, UI-CSG dan LM-FEUI memiliki akses kepada para ahli atau pakar di setiap fakultas di universitas dan jaringan alumni yang memegang posisi kunci di pemerintahan, bisnis dan sektor non-profit.
Sedangkan ICLIF merupakan lembaga nirlaba milik Bank Sentral Malaysia (Bank Negara Malaysia) yang menyediakan pengembangan kepemimpinan dan pendidikan corporate governance untuk para Pemimpin Perusahaan.

ICLIF dianugerahi sebagai Asia's Best Institute for Leadership Development in 2010.

Menurut dia, UI sebagai universitas yang membawa nama bangsa menyadari bahwa sektor swasta merupakan salah satu lokomotif dari pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Oleh karenanya UI mendorong terus kerja sama dengan berbagai macam institusi kaliber internasional untuk mengembangkan sektor swasta di Indonesia melalui pendidikan terhadap pemimpin perusahaan untuk menjadikan perusahaan yang ada di Indonesia mampu bersaing di pasar regional dan global.

Feru L

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011