Depok, 16/4 (ANTARA) - Universitas Indonesia akan mengadakan ujian seleksi masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) program pascasarjana gelombang pertama, Minggu (17/4) pukul 07.00 WIB di kampus UI Depok yang diiikuti sebanyak 3.906 peserta.

"SIMAK UI Pascasarjana merupakan ujian saringan masuk UI yang terintegrasi untuk seluruh jenjang pendidikan mulai dari S2, profesi hingga doktoral," ujar Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Sabtu.

Ia mengatakan, materi ujian pada SIMAK UI Pascasarjana adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

Pendaftaran SIMAK UI Program Pascasarjana gelombang pertama telah dilakukan sejak 14 Februari secara online melalui laman penerimaan.ui.ac.id.

"Total pendaftar sebanyak 3.906 orang dengan rincian pendaftar S-2 sebanyak 3.318 orang, Program Profesi sebanyak 191 orang dan Program S-3 sebanyak 397 orang," katanya.

Pengumuman SIMAK UI Program Pascasarjana gelombang pertama pada 22 Mei 2011.

Dikatakannya, program S2 dalam rumpun Ilmu Kesehatan, Jurusan Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat adalah yang paling diminati oleh calon mahasiswa dengan jumlah pemilih sebanyak 153 orang.

Sedangkan pada rumpun Ilmu Sains dan Teknologi, jurusan yang paling diminati adalah Teknologi Informasi yaitu sebanyak 139 pendaftar. Pada rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora sebanyak 245 pendaftar memilih Ilmu Komunikasi.

Untuk program Profesi, yang paling diminati adalah Apoteker dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan jumlah peminat sebanyak 146 orang.
Program Doktoral yang paling diminati adalah Fakultas Ekonomi yaitu sebanyak 129 pendaftar.

SIMAK UI merupakan seleksi penerimaan mahasiswa yang dilaksanakan oleh UI untuk program pendidikan Vokasi, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor.
Untuk program pendidikan Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor penerimaan mahasiswa dilakukan dua kali, yaitu pada semester ganjil (kuliah pada bulan September) dan semester genap (kuliah pada bulan Februari).

Pendaftaran gelombang kedua SIMAK UI Pascasarjana akan dilakukan pada 3-24 Juni 2011 bersamaan dengan pendaftaran program pendidikan vokasi dan sarjana.

Feru L

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011