Garut, 5/4 (ANTARA) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri berharap bantuan dana kepada 62 Kelompok Usaha Bersama (Kube) di wilayah Kabupaten Garut bagian selatan, Jawa Barat, sebesar Rp1,240 miliar sukses dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin.

"Saya ingatkan harus berhasil tidak boleh gagal, karena dibelakang saudara kita masih ada yang hidup digaris kemiskinan," kata Mensos dalam sambutan penyerahan bantuan dana Kube di lapangan Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, Selasa.

Setiap masing-masing Kube, dijelaskan Salim mendapatkan dana masing-masing sebesar Rp20 juta yang diharapkan dapat mengembangkan berbagai usaha.

Bantuan Kube bagian dari program pemerintah kata Salim sebagai upaya menanggulangi kemiskinan agar masyarakat miskin secara kelompok dapat menjalankan usahanya hingga berhasil.

Setelah masyarakat berhasil dengan usahanya itu, ia berharap angka kemiskinan yang teracatat sebesar 13 persen dari populasi penduduk Indonesia dapat menurun.

"Saya menginginkan dari jumlah 13 persen harus dicapai menjadi 8 persen atau 10 persen, namun itu tidak akan berhasil kalau kita tidak kerjasama," katanya.

Apabila dana yang disalurkan itu tidak berhasil atau gagal, kata Salim bantuan selanjutnya akan mencari daerah lain karena masih banyak masyarakat miskin yang membutuhkan.

"Buktikan berhasil karena masih ada saudara kalian yang membutuhkan," kata Salim dihadapan masyarakat dan Bupati Garut, Aceng M Fikri.

Ketika bantuan Kube tersebut berhasil, dijelaskan Salim maka pemerintah akan memberikan bantuan tambahan dari Rp20 juta setiap Kube menjadi Rp30 juta.

"Saya yakin dengan alam yang kita berikan, bimbingan dari pemerintah daerah dan memiliki semangat untuk bekerja saya yakin berhasil," katanya. ***4***


(U.KR-FPM/B/Y003/Y003)

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011