Bandung, 5/4 (ANTARA) - PT Angkasa Pura II akan meningkatkan kapasitas Bandara Husein Sastranegara Bandung untuk mampu melayani pergerakan sejuta penumpang per tahun.

"Pengembangan dan pembangunan terminal Bandara Husein akan dilakukan mulai 2011 untuk fasilitas eksisting," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko di sela-sela pendaratan pertama Airbus 320 di Bandara Husein Sasteranegara Kota Bandung, Selasa.

Menurutnya pada 2011 mendatang akan dilakukan perluasan terminal bandara seluas 3.500 meter persegi.

"Pergerakan penumpang eksisting di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung saat ini mencapai 755 ribu penumpang per tahun, sementara kapasitasnya sendiri hanya 350 ribu penumpang per tahun,"ujarnya.

Dengan potensi penumpang angkutan udara dari Bandung, maka menurut Tri Sunoko peningkatakan kapasitas dan layanan Bandara Husein mutlak dilakukan.

"Pengembangan tahap pertama dilakukan mulai November 2011, sedangkan tahap II dan III akan dilakukan hingga 2012. Total investasi yang disiapkan sekitar Rp80 miliar," katanya.

Sedangkan langkah pertama yang dilakukan untuk peningkatakan kapasitas layanan Bandara Husein Sastranegara dilakukan penebalan landasan atau overlay setebal 15 centimeter,
Sehingga, pasca overlay landasan bandara di kompleks TNI-AU tersebut sudah bisa didarati oleh pesawat berbadan lebih besar seperti Airbus 320 yang menjadi primadona maskapai penerbangan saat ini.

"Dengan peningkatan kapasitas terutama overlay, traffic penerbangan ke Bandara Husein diprediksi akan meningkat sekitar 70 persen. Sejumlah maskapai penerbangan sudah mengajukan pembukaan rute domestik maupun internasional," kata Tri Sunoko.

Menurut Tri, peningkatan kapasitas layanan penumpang Bandara Husein jelas akan mendongkrak tingkat kunjungan wisata ke Jawa Barat sekaligus mendorong peningkatan ekonomi yang lebih besar lagi.

"Jawa Barat merupakan salah satu kawasan tujuan wisata di Indonesia, dimana Kota Bandung merupakan salah satu destinasi wisata di provinsi itu," kata Tri Sunoko.

Pada kesempatan itu, diserahkan maket Bandara Husein Sastranegara Bandung dari Dirut PT Angkasa Pura II Tri Sunoko kepada Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan.***5***
(T.S033/B/B008/B008)

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011