Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mencatat sebanyak 4.518 kendaraan yang diputarbalikkan saat pemberlakuan penyekatan ganjil-genap di lima gerbang tol akses masuk ke Kota Bandung.

Kabid Pengendalian Dan Ketertiban (PDKT) Dishub Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan ribuan kendaraan itu diputarbalikkan saat ganjil-genap pada akhir pekan mulai Jumat (10/9) hingga Minggu (12/8).

"Jadi total kendaraan dari lima gerbang tol itu ada sebanyak 19.670 yang diperiksa, dari jumlah tersebut yang diputar balik sebanyak 4.518," kata Asep di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Asep mencatat, kendaraan yang diputarbalikkan paling banyak berada di Gerbang Tol Pasteur. Di gerbang tol itu, ada sebanyak 1.683 kendaraan yang diputarbalikkan.

Pasalnya, di gerbang tol tersebut ada sebanyak 7.888 kendaraan dari luar Bandung Raya yang diperiksa. Sedangkan empat gerbang tol lainnya hanya memeriksa sebanyak 2.000-4.000 kendaraan sesuai dengan arus lalu lintas yang ada.

Menurutnya, kendaraan yang diputarbalikkan itu merupakan kendaraan yang memiliki angka pada plat nomor yang tidak sesuai saat hari ganjil-genap.

Namun dari belasan ribu kendaraan yang diperiksa itu, ada sebanyak 10.458 kendaraan yang diperbolehkan melintas karena sesuai dengan ketentuan ganjil-genap, dan ada 4.694 kendaraan yang diperbolehkan melintas karena termasuk kategori kendaraan yang dikecualikan.

"Yang dikecualikan itu seperti ambulans, plat merah, TNI, jasa marga terus angkutan umum baik online maupun yang biasa," kata Asep.

Adapun pemberlakuan ganjil-genap di Kota Bandung telah dilakukan sebanyak dua kali khusus pada akhir pekan. Dari pemberlakuan ganjil-genap di lima gerbang tol itu, nampak ada peningkatan dibanding pekan sebelumnya.

Pada Jumat (3/9) hingga Minggu (5/9) lalu, tercatat ada 4.274 unit kendaraan yang diputarbalikkan di lima gerbang tol. Namun pada akhir pekan terakhir ada sebanyak 4.518 unit kendaraan yang diputarbalikkan, lebih banyak 244 unit kendaraan dibandingkan pekan sebelumnya.

Baca juga: Polrestabes Bandung kaji penerapan ganjil genap kendaraan di dalam kota

Baca juga: Ribuan kendaraan diputarbalikkan saat ganjil-genap di Bandung

Baca juga: Ratusan kendaraan terjaring saat ganjil genap di GT Pasteur Kota Bandung

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021