Bandung, 7/3 (ANTARA) - Pameran "Clothing Bandung Expo 2011" berhasil membukukan transaksi senilai Rp5 miliar atau meningkat dibandingkan penyelenggaraan tahun 2010.

Kegiatan yang di gelar di Lapangan Gasibu Kota Bandung, 4-6 Maret 2011 itu menghadirkan lebih dari 50.000 pengunjung.

"Nilai transaksi selama 'Clothing Bandung Expo 2011' mencapai Rp5 miliar, meningkat dibandingkan penyelenggaraan 2010 senilai Rp4 miliar," kata Ketua Panitia Clothing Bandung Expo 2011 Ucok Nasution di Bandung, Senin.

Menurut Ucok, pengunjung yang sebagian besar kawula muda dan juga pelaku industri kreatif dari Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Makassar, Lampung, Semarang dan tuan rumah Bandung itu berhasil menghidupkan pameran industri kreatif keduanya dalam dua tahun terakhir.

Selain cuaca yang mendukung, pameran itu juga ditunggu-tunggu oleh kawula muda dan juga pelaku industri kreatif untuk bertransaksi pada ajang itu.

Mereka melakukan transaksi selain partai eceran, juga penjualan dalam partai besar. Bahkan tidak jarang terjadi pertukaran produk antara para pelaku usaha clothing.

"Clothing Bandung Expo sangat ditunggu-tunggu, pameran ini sekaligus untuk menguatkan eksistensi pelaku usaha kreatif ini. Kami optimistis pada 2011 ini akan tumbuh enam persen," kata Ucok.

Penyelenggaraan Clothing Bandung Expo 2011 sangat didukung oleh cuaca cerah. Sehingga jumlah peserta lebih banyak, bahkan hadir pula wisatawan mancanegara.

Hal itu berbeda dengan pameran pertamanya yang di gelar bulan April, saat itu guyuran hujan cukup mengganggu aktivitas pameran yang di gelar di pusat jantung Kota Bandung itu. Meski demikian pada 2010 mampu membukukan transaksi Rp4 miliar.

"Tren dan minat pelaku clothing untuk berpameran cukup bagus, tahun 2012 mendatang kami targetkan akan disiapkan 150 gerai dengan jumlah merek clothing yang ikut serta lebih banyak dari tahun 2011 ini," kata Ucok Nasution menambahkan.

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011