Depok, 3/3 (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menandatangani kerja sama dengan Panin Bank dalam pelestarian lingkungan hidup dengan melakukan gerakan penanaman pohon.

Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri, di Depok, Kamis mengatakan kerja sama pelestarian lingkungan hidup didasari oleh tugas membangun dan melestarikan lingkungan di pundak perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan ilmu dan kerja sama.

Selain itu, kata Gumilar, industri memegang peranan penting sebagai motor yang mampu membangun "sustainable future".

Program yang mengambil tema "Reforest Indonesia" tersebut dibuka langsung oleh Rektor UI Gumilar R Somantri, Presiden Direktur Panin Bank Ken Ng, serta Wakil Presiden Direktur Panin Bank Roosniati Salihan.

Menurut dia, selama dalam tiga tahun terakhir sudah menanam lebih dari 80 ribu pohon dan kerja sama tak hanya dilakukan saat ini dengan Panin, tetapi UI juga sudah bekerja sama dengan Astra, Kementerian Kehutanan, dan juga LSM, serta Pempov DKI Jakarta berupa pemagaran hutan kota UI.

Penanaman pohon dilakukan di belakang gedung rektorat UI dengan menanam pohon jenis trembesi. Hal itu sesuai kesepakatan yang tercantum yakni pemberian bibit dan dukungan finansial yang diberikan oleh Panin Bank.

"UI juga berkomitmen untuk menyediakan lahan, dan penanaman pohon trembesi di sekitar lahan kampus," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan pohon trembesi tersebut berharga mahal dan dapat digunakan untuk membuat mebel jika sudah berumur diatas 50 tahun.

Dikatakannya bahwa acara penanaman pohon bukan gerakan ikut-ikutan tetapi sudah merupakan tanggung jawab bersama.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur Panin Bank Roosniati Salihan mengatakan kerja sama tersebut merupakan komitmen bersama agar menjadikan dunia lebih hijau.

"Saat ini emisi karbon yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor sudah sangat mengkhawatirkan," katanya.

Dikatakannya program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kerja sama yang ke sekian kali dengan universitas sejak tahun 2006.

Feru L

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011