Pelaku UMKM di Kota Bogor memasarkan produknya lebih luas secara online melalui platform pasar digital www.bogorhitz.com, dengan menjual produk-produk mulai dari pakaian, makanan, kerajinan, hingga hobi.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, di Kota Bogor, Jumat, mengatakan, platform pasar digital www.bogorhitz,com, merupakan market place hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Bogor dan PT Bawa Indonesia Global (BIG).

Kota Bogor memiliki potensi ekonomi yang besar, termasuk di sektor UMKM. "Pada kondisi pandemi COVID-19 saat ini, potensi ekonomi yang besar harus tetap dioptimalkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," katanya.

Optimalisasi tersebut dilakukan melalui platform pasar digital untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan sesuai dengan kondisi pandemi saat ini tanpa harus hadir secara fisik.

Untuk mendorong pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya, kata dia, pemerintah harus hadir dalam membangun kolaborasi dan sinergitas, dengan menyiapkan fasilitasnya, melatih pelakunya, dan membuka jalur pasarnya.

Menurut Bima Arya, pemerintah tidak bisa sendiri dalam membangun potensi ekonomi di daerahnya, tapi harus berkolaborasi dengan semua pihak.

"Bogorhitz ini adalah kolaborasi untuk semua. Bagi yang sudah bergabung, Insya Allah ini menjadi awal yang baik," katanya.

Bima menyatakan, akan terus menyempurnakan platform pasar digitaal ini. "Kita ingin pelaku UMKM yang masuk di sini, bukan sekedar masuk pasar secara online, tapi punya peluang untuk mendapat suntikan modal, untuk dibina agar berdaya, serta dapat membuka pasarnya baik nasional maupun ekspor," katanya.

Sebelumnya, Bima Arya bersama Komisaris PT BIG Eka Sari Lorena Soerbakti meluncurkan platform pasar digital www.bogorhitz.com, di Balai Kota Bogor, Rabu (18/8).

Produk dari pelaku UMKM di Kota Bogor juga dipasarkan secara offline melalui gerai Dekranasda Kota Bogor di Jalan Binamarga Kota Bogor.

Baca juga: DPRD Kota Bogor nilai kebijakan penguatan UMKM tepat

Baca juga: Pemkot Bogor dukung promosi produk UMKM melalui kegiatan galeri

Baca juga: IPB bantu UMKM Kota Bogor kembangkan website

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021