Puluhan pelajar dan seniman di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengikuti lomba Ketuk Tilu Karawangan secara virtual sebagai upaya membangun kreativitas para seniman di di masa pandemi

"Jumlah total pendaftar mencapai 139 peserta, tapi setelah diseleksi dewan juri, terdapat 35 karya peserta yang nantinya siap dipentaskan," kata Kepala Bidang Pemasaran pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang Dadan Hendrayana, di Karawang, Selasa.

Ia mengatakan, lomba Ketuk Tilu Karawangan secara virtual tersebut akan digelar pada Kamis (19/8) di salah satu mal di kawasan Galuh Mas Karawang.

"Secara teknis, peserta tidak langsung tampil di panggung acara, kami hanya menampilkan karya videonya secara live streaming melalui akun YouTube Disparbud Karawang," kata dia.

Dikatakannya, lomba Ketuk Tilu Karawangan secara virtual merupakan bentuk perhatian Disparbud Karawang kepada para pegiat seni di daerah itu, karena saat ini kegiatan-kegiatan kesenian sangat terbatas yang berdampak pada redupnya eksistensi para seniman.

"Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, kita tentunya sangat memahami betapa terbatasnya ajang kesenian saat ini. Maka dengan adanya perlombaan Ketuk Tilu Karawangan ini diharapkan bisa memantik kembali kreativitas seni warga Karawang, utamanya menghidupkan kembali eksistensi kesenian di tengah pandemi COVID-19," ucapnya.

Lomba Ketuk Tilu Karawangan virtual ini ada empat katagori perlombaan, yakni katagori lagu Geboy untuk tunggal (SD Kelas 1-3) dan Tunggal (SD Kelas 4-6).

Kemudian katagori lagu Gaplek, untuk tunggal SMP/SMA/Umum serta katagori lagu Kangsreng untuk Rampak Umum (SMP/SMA/Mahasiswi).

Baca juga: Karawang gelar upacara HUT RI di Rengasdengklok untuk pertama kalinya

Baca juga: Prosesi tabur bunga dan malam renungan suci di Karawang hanya diterangi obor

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021