Bupati Bogor, Ade Yasin menyambut baik rencana Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaktifkan kembali atau reaktivasi Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Pondok Rajeg yang berlokasi di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Pastinya kita dukung rencana Menteri Perhubungan, akan memberi manfaat juga untuk masyarakat Kabupaten Bogor," ungkapnya saat ditemui usai pencanangan vaksinasi remaja di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis.

Ia berharap, reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg dapat mengurangi volume penumpang KRL di beberapa stasiun Kabupaten Bogor yang tergolong padat, seperti Stasiun Cilebut dan Bojonggede.

"Semoga akan mengurangi beban volume penumpang di satasiun lain, khususnya yang dekat-dekat sini seperti Cilebut dan Bojonggede," tuturnya.

Menurutnya, rencana Menhub tersebut selaras dengan konsep penataan Cibinong Raya atau City Beautifica­tion Project (CBP), yakni pro­gram mempercantik wajah pusat kota Kabupaten Bogor.

Penataan Ci­binong Raya dimulai dari Simpang Sentul hingga Jalan Raya Tegar Beriman. Bahkan, penataan akan terus dilanjutkan hingga perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kota Depok.

"Untuk 2021, Pemkab Bogor menyediakan anggaran seki­tar Rp300 miliar untuk pena­taan ibu kota Kabupaten Bo­gor, Cibinong. Itu untuk fokus pembangunan pedestrian, mulai dari Simpang Sentul hingga Tegar Beriman,” ujar Ade Yasin.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kegiatan pengaktifan kembali atau reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg tetap berjalan meski di tengah pandemi.

“Ini adalah satu aktualisasi dari perintah Bapak Presiden bahwa meski di tengah pandemi, semua kementerian/lembaga harus melaksanakan kegiatan sebagaimana mestinya. Oleh karenanya, saya memerintahkan kepada Dirjen Perkeretaapian dan Kepala BPTJ untuk melanjutkan reaktivasi stasiun, khususnya yang berada di kawasan aglomerasi,” kata Menhub Budi Karya usai meninjau Stasiun Pondok Rajeg, pada Rabu.

Menhub Budi Karya mengatakan reaktivasi ini tidak hanya dilakukan di wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, tetapi juga dilakukan di seluruh wilayah aglomerasi seperti Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, dan wilayah lainnya.

"Pembangunan seperti reaktivasi rel dan stasiun kereta api di kawasan aglomerasi menjadi penting dan harus konsisten dilakukan. Ini menunjukkan bahwa pemerintah concern untuk menomorsatukan angkutan massal. Apalagi kereta api merupakan angkutan massal yang ramah lingkungan,” ungkap Menhub Budi Karya.

Baca juga: Menhub: Reaktivasi Stasiun KRL Pondok Rajeg Bogor tetap berjalan

Baca juga: Dishub Depok sebut Stasiun Pondok Rajeg segera dioperasikan kembali

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021