Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Garut, Jawa Barat, menargetkan sasaran vaksinasi untuk anak-anak di atas usia 12 sampai 17 tahun sebanyak 293.330 orang yang pelaksanaannya di pendopo bupati dan lingkungan sekolah.

"Untuk vaksinasi usia remaja di Kabupaten Garut ini sasarannya sebanyak 293.330 orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Asep Surahman di Garut, Kamis.

Ia menyebutkan ada 1,8 juta jiwa warga Garut yang menjadi sasaran mendapatkan vaksin COVID-19, termasuk di dalamnya untuk sasaran anak-anak sebanyak 293.330 orang usia 12 sampai 17 tahun.

Tercatat sasaran vaksinasi anak-anak itu, kata dia, baru terlaksana selesai diberikan vaksin COVID-19 sebanyak lima ribuan anak, atau masih banyak dari jumlah yang ditargetkan.

"Sampai saat ini capaian kita masih diangka kurang lebih lima ribuan anak-anak usia 12 sampai 17 tahun atau usia sekolah atau usia remaja yang telah mendapatkan vaksinasi," katanya.

Ia menyampaikan upaya menyelesaikan target vaksinasi untuk anak-anak itu dilakukan dengan dua strategi yaitu melaksanakan vaksinasi terpusat atau sentral vaksinasi yang dilaksanakan di Pendopo Garut dan melaksanakan vaksinasi di setiap sekolah.

Setiap pelaksanaannya, kata dia, tetap memperhatikan kesiapan vaksinator dan ketersediaan vaksin COVID-19 di Kabupaten Garut.

"Strategi satu di pendopo secara terpusat, dan juga yang tadi secara masif di sekolah-sekolah, namun kembali lagi kita akan lihat kapasitas tenaga kita di Puskesmas, juga melihat ketersediaan vaksin," kata Asep.

Ia menambahkan animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 terus meningkat, terbukti setiap pelaksanaan vaksinasi selalu banyak yang datang sehingga petugas menjadi lebih semangat.

"Ini (antusias masyarakat) membuktikan bahwa harapan kami di awal masyarakat secara sadar mau divaksinasi mengingat ancaman penularan COVID-19 ini sungguh nyata di depan mata kita," katanya.

Baca juga: Kasus baru positif COVID-19 di Garut bertambah 75 orang

Baca juga: Bupati pastikan tidak ada penyekatan jalan di Garut selama PPKM Level 4
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021