Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bersama pengelola kawasan industri Delta Silicon 8 menyepakati pembukaan akses jalan yang menghubungkan Jalan Cikarang-Cibarusah dengan kawasan industri untuk memudahkan mobilitas pekerja serta masyarakat umum.

"Dalam waktu dekat, mudah-mudahan minggu-minggu ini atau minggu depan sudah mulai dibuka," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Senin.

Dia mengaku telah melakukan komunikasi dengan pengelola kawasan tersebut untuk meminta agar akses itu segera dibuka sekaligus menginstruksikan pengelola kawasan agar segera melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi.

"Koordinasi terkait pembukaan akses termasuk menyiapkan marka jalan serta memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," katanya.

Dani mengaku pembukaan akses jalan tersebut perlu segera dilakukan menyusul banyaknya aduan masyarakat yang terganggu mobilitasnya akibat penutupan akses tersebut untuk umum.

Pembukaan akses jalan itu, kata dia, dipastikan mampu meminimalisir kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di sepanjang Jalan Cikarang-Cibarusah yang menjadi akses utama masyarakat dan pekerja menuju kawasan industri.

"Kami juga sedang mengupayakan percepatan pembebasan lahan untuk pelebaran Jalan Cikarang-Cibarusah yang kewenangannya ada di Pemerintah Provinsi Jawa Barat," katanya.

Rencananya pembukaan akses jalan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal akses itu hanya dapat dilalui pada Hari Senin-Jumat pukul 06.00-09.00 WIB serta pukul 16.00-20.00 WIB.

Humas PT Lippo Cikarang Sosiawan Putra mengatakan pihaknya siap membuka akses jalan dari pintu gerbang Delta Silicon 8 menuju kawasan industri.

"Kami sudah sepakat untuk membuka. Jumat kemarin Pak Bupati juga sudah meninjau lokasinya, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dibuka," katanya.

Putra mengaku saat ini PT Lippo Cikarang selaku pengelola kawasan Delta Silicon 8 tengah menyelesaikan proses perizinan kepada pemerintah daerah guna membuka akses jalan tersebut.

"Setelah proses perizinan rampung, kita langsung buka aksesnya. Sedang disiapkan juga marka jalan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan saat sudah dibuka nanti," kata dia.

Baca juga: Akses jalan warga dekat proyek kereta cepat di Bekasi amblas

Baca juga: Polisi tutup jalan menuju simpang Bulak Kapal Bekasi hingga 1 Agustus

Baca juga: Pembangunan jalan lintas bawah Cibitung capai 20 persen

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021