Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat Suprapto mengatakan dengan adanya fasilitas "vending machine self service application" penumpang kereta kini tak perlu lagi ke loket stasiun terutama ketika melakukan pembelian tiket "Go Show" maupun pembatalan.

"Penumpang saat ini tidak perlu lagi ke loket, baik untuk pembatalan tiket, pembelian tiket 'Go Show' dan lainnya," kata Suprapto di Cirebon, Jumat.

Ia mengatakan fasilitas "vending machine" sebelumnya hanya bisa digunakan untuk mencetak tiket masuk, namun saat ini setelah ditambah fasilitas "self service application", maka para penumpang dapat menemukan beberapa fitur baru.

Di mana terdapat fitur-fitur yang dapat digunakan oleh para calon penumpang seperti, cetak tiket "boarding pass" secara mandiri, pemesanan "Go Show" tiket KA lokal maupun jarak jauh, proses ubah jadwal tiket.

"Selanjutnya ada juga fitur pembatalan tiket KA, informasi seputar 'vending machine' dan tambah tiket bagi infant," tuturnya.

Menurutnya penambahan fitur-fitur tersebut karena masyarakat menyukai hal yang serba efisien dan instant.

Selain itu aplikasi tersebut juga merupakan pengembangan layanan RTS 4.0 guna diperuntukkan melayani para penumpang yang sudah berada atau terlanjur ke stasiun dan belum mempunyai tiket.

Dalam tahap permulaan ini, bagi proses pemesanan tiket KA, pelanggan KA baru bisa memesan tiket untuk keberangkatan pada hari-H dan tempat stasiun keberangkatan harus sesuai dengan tempat proses transaksi layanan SSA.

"Dengan adanya penambahan fasilitas layanan ini, bisa meningkatkan pelayanan bagi para pengguna jasa Kereta Api dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan," katanya.

Baca juga: Bulog Cirebon distribusikan bantuan beras PPKM ke 4 daerah

Baca juga: Polisi tangkap penyebar berita bohong kericuhan di Pasar Jagasatru Cirebon
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021