Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Garut, Jawa Barat  terus bergerak menyosialisasikan manfaat mendapatkan vaksin kepada masyarakat di pelosok wilayah utara Kabupaten Garut,  agar memiliki kesadaran mau divaksin sehingga terbentuk kekebalan imunitas untuk menangkal wabah COVID-19.

"Jadi, kita itu memang harus lebih menguatkan partisipasi masyarakat di dalam pencegahan covid, dengan harapan bahwa akan menjadi kesadaran bersama," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut Muksin saat melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kecamatan Malangbong, Garut, Jumat.

Diskominfo Garut sebagai tim Satgas Penanganan COVID-19 Garut dalam agenda kegiatannya di Malangbong memantau langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan di aula kantor kecamatan.

Muksin berharap antusias masyarakat mengikuti vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Malangbong dapat membantu mencegah dan mengurangi risiko dari penularan bahaya wabah COVID-19.

"Pada akhirnya nanti kita harapkan terjadi 'herd immunity', jadi kekebalan imunitas yang bakal lebih banyak berperan dalam penangkalan virus COVID-19," katanya.

Muksin menambahkan upaya mencegah penyebaran wabah COVID-19 harus dilakukan secara bersama-sama, seluruh pihak, tidak hanya harus mendapatkan vaksinasi, tapi harus mematuhi protokol kesehatan dan aturan dalam PPKM Darurat.

Menurut dia masyarakat di wilayah Malangbong sebagai daerah perbatasan dengan kabupaten lainnya terpantau mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak untuk menghindari penularan COVID-19.

"Saya lihat kesadaran terhadap prokes sudah cukup bagus, dan terlihat masyarakat memakai masker dan juga menjaga jarak," katanya.

Kepala Puskesmas Malangbong dr Asep Juanda menambahkan masyarakat telah menunjukkan kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan dan juga cukup antusias untuk mendapatkan vaksin dosis pertama.

Menurut dia semakin banyak masyarakat bersedia untuk divaksin COVID-19 akan semakin bagus untuk meningkatkan antibodi sehingga tidak mudah terpapar wabah COVID-19.

"Program vaksinasi yang akan dilakukan secara berkelanjutan oleh pihaknya ini, diharapkan masyarakat yang sudah divaksin memiliki antibodi sehingga tidak mudah terpapar COVID-19," katanya.

Baca juga: 300 gerai vaksinasi COVID-19 siap layani warga Garut

Baca juga: Anggota DPRD Garut hadiahi mesin cuci untuk warga yang divaksin COVID-19

Baca juga: Pemkab Garut berupaya mendekatkan pelayanan vaksinasi bagi lansia di perdesaan

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021