Di Kota Bogor pada Rabu (14/7/2021) ada enam kasus yang meninggal dunia, sehingga jumlah kasus positif yang meninggal dunia selama pandemi COVID-19 seluruhnya menjadi 306 kasus.

Berdasarkan data COVID-19 pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, pada Rabu hari ini, kasus positif COVID-19 bertambah 341 kasus sehingga total kasus positif seluruhnya selama pandemi COVID-19 ada sebanyak 26.828 kasus.

Dari jumlah total kasus positif, telah sembuh sebanyak 18.127 kasus, sedangkan yang masih sakit ada sebanyak 8.395 kasus, serta 306 kasus meninggal dunia.

Guna mengantisipasi meningkatnya jumlah kasus positif meninggal dunia, Pemerintah Kota Bogor membentuk Tim Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah COVID-19, yang dipimpin oleh Rino Indira Gusniawan.

Menurut Koordinator Tim Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah COVID-19 Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan, Tim masih menambah anggota untuk mengantisipasi meningkatkan kasus positif yang meninggal dunia.

"Jenazah COVID-19 ini harus cepat dimalasarakan dan dimakamkan, sehingga anggota timnya harus cukup agar tidak mewalahan," kata Rino yang juga Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota bogor ini.

Menurut Rino Indira, anggota tim yang direkrut, baik perwakilan dari lembaga maupun relawan, diberikan pelatihan pedoman tatalaksana pemulasaraan jenazah COVID-19 kepada para relawan.

Rino Indira menjelaskan, untuk menangani satu jenazah pasien COVID-19 diperlukan satu tim beranggota 14 orang, yakni enam orang petugas memandikan jenazah, dua orang sopir ambulans, serta enam orang petugas memakamkan jenazah.

Rina menjelaskan Tim Pemulasaraan Jenazah Pasien COVID-19 Kota Bogor sejak dibentuk pada 2 Juli lalu, tugasnya adalah memulasarakan dan memakamkan jenazah pasien COVID-19, terutama yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya dan meninggal dunia.

Tim Pemulasaraan Jenazah Pasien COVID-19 Kota Bogor menjalankan tugas, mulai dari menjemput jenazah pasien COVID-19 di tempat isolasi mandiri, mengurus pemulasaraan, hingga menguburkannya di pemakaman.

Baca juga: KKP berikan bantuan 5 ton ikan kembung untuk warga Kota Bogor

Baca juga: Tim pemulasaraan dan pemakaman jenazah COVID-19 Kota Bogor siaga setiap hari
 

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021