Depok, 8/12 (ANTARA) - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, akan segera membuka kantor cabang di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) pada Januari 2011.

"Pembukaan tersebut untuk memberikan kenyamanan dan meningkatkan layanan perbankan," kata Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Firmanzah, di Depok, Rabu.

Firmanzah juga mengatakan, Bank Muamalat juga memberikan bantuan dalam membiayai penelitian dosen dan mahasiswa FEUI, pemberian beasiswa, serta magang bagi mahasiswa FEUI di Bank Muamalat, dan memberikan sponsor pembangunan kelas di FEUI.

"Saya harapkan kerja sama ini tak hanya menguntungkan, tetapi juga dapat bermanfaat untuk semua pihak," ujarnya.

Firmanzah mengatakan, sebagai perguruan tinggi pihaknya terus berkomitmen untuk terus bisa menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas.

Untuk saat ini, kata dia, program sarjana juga telah ada yang dikonsentrasikan untuk ekonomi syariah, begitu juga dengan program master atau S2.

"Ke depannya kita akan menyiapkan program doktor khusus ekonomi syariah," ujarnya.

Firmanzah menjelaskan bahwa ekomomi syariah merupakan alternatif sistem ekonomi perbankan yang perlu mendapat perhatian khusus, karena sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam.

Saat ini, kata dia, pusat ekonomi syariah di Asia Tenggara berada di Malaysia, sedangkan Singapura juga akan berusaha menjadi pusat ekonomi syariah.

"Saya harap di Indonesia ekonomi syariah juga bisa menjadi pusat selanjutnya," katanya.

Sebelumnya, Finance and Operation Director PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Hendiarto memprediksikan jumlah aset bank syariah akan menempati urutan kelima dari sebelumnya pada urutan ke delapan.

"Industri perbankan syariah diharapkan akan mencapai posisi lima besar dalam jumlah aset," kata Hendiarto.

Ia mengatakan, potensi pertumbuhan perbankan syariah masih sangat besar dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut dia, aset bank syariah per Agustus 2010 mencapai Rp79,641 triliun. Pencapaian angka tersebut ternyata masih lebih rendah dibandingkan dengan Bank Panin yang merupakan bank terbesar ketujuh di Indonesia yang mencapai Rp90,999 triliun.

Feru L

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010