Depok, 3/12 (ANTARA) - Pesta Kuliner yang digelar Universitas Indonesia 2-4 Desember di Balairung, Kampus Depok, ikut mendukung program tahun Indonesia Kreatif dan Gerakan Kampanye 100 Persen Cinta Indonesia yang dicanangkan Pemerintah melalui kuliner unggulan dari berbagai daerah.

Juru bicara UI Vishnu Juwono dalam siaran pers, Jumat, mengatakan, melalui Pesta Kuliner Indonesia ini diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat akan keanekaragaman kuliner nusantara, serta meningkatkan citra dan martabat Indonesia melalui industri makanan sehat berbasis kreatif.

Festival bertema "Tetap Sehat Tetap Enak" ini diramaikan dengan beragam kegiatan berkonsep "Festiphoia", yang terdiri atas Pameran Kuliner Nusantara, Seminar makanan sehat dan lomba memasak dengan juri pakar kuliner terkenal seperti Sisca Soewitomo, Nila Sari, Chef Henry Alexie Bloem, Chef Ida Bagus Parwata.

Selain itu, Festival Kuliner Indonesia ini juga merupakan ajang berkumpulnya para pebisnis kuliner makanan tradisional nusantara, jajanan populer di Jakarta, vendor-vendor makanan tradisional dan modern, serta industri penunjang kuliner.

Vishnu mengatakan, UI sebagai perguruan tinggi riset berstandar dunia, memiliki komitmen untuk menjaga keseimbangan antara orientasi akademik dengan moralitas dan seni.

Untuk itu, katanya festival kuliner tidak melupakan aspek ilmiah ataupun sisi akademisnya, yaitu mengkaji keragaman varietas kuliner Indonesia yang merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia dan patut dilestarikan melalui pendekatan akademik.

Teguh Handoko

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010