Tasikmalaya, 2/12 (ANTARA) - Pihak Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat mengatakan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2010 di jajarannya dijamin tidak ada pelamar "titipan" dari pejabat daerah atau yang bermain curang supaya lolos testing.

"Pemkot menjamin perekrutan CPNS tidak ada titipan. Itu kami lakukan sesuai dengan prosedur dan pengawasan yang ketat," kata Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Tasikmalaya, Asep Maman Permana, di Tasikmalaya, Kamis.

Dikatakan, mereka yang lulus dijamin murni tanpa ada kecurangan atau campur tangan dari pihak lain, karena Pemerintah Kota Tasikmalaya melibatkan panitia yang independen.

"Tim independen yang dilibatkan akan mampu menjamin bahwa perekrutan CPNS tidak akan ada kecurangan," katanya.

Ia menegaskan, seleksi penerimaan CPNS dilakukan secara transparan. Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, kini juga dilakukan pengawasan dari awal pembukaan penerimaan lamaran hingga hasil tes diserahkan ke pihak ketiga, yakni lembaga perguruan tinggi yang membuat soal dan memeriksa jawaban.

"Khususnya dalam pelaksanaan di sini kami terus mengawasi untuk menghindari adanya kecurangan," kata Asep.

Adanya masyarakat pelamar yang menilai bahwa peserta yang lolos tes CPNS karena ada keterlibatan pejabat daerah, Asep menegaskan, jika dugaan tersebut ada buktinya, segera laporkan ke panitia pelaksana atau kepolisian.

"Silahkan lapor kalau memang itu terbukti" katanya, tegas.

Jaminan tidak ada kecurangan itu, kata Asep karena Pemerintah Kota Tasikmalaya ingin memiliki SDM yang loyal, berkualitas dan bermutu untuk mengabdikan dirinya kepada negara dalam melayani masyarakat.

Jika ada oknum yang menjamin dapat meloloskan tes CPNS dan meminta sejumlah uang, Asep mengimbau kepada masyarakat agar tidak tergiur dengan penawaran oknum tersebut.

Apalagi sampai ada yang mengaku kenal dekat dengan pejabat, Asep berharap masyarakat jangan percaya dan segera melapor agar secepatnya dapat ditindak.

"Kalau pun ada pegawai Pemkot menawarkan jaminan dapat meloloskan tes, saya harap pelamar jangan percaya, apalagi sampai meminta sejumlah uang," katanya.

Sementara itu berkas lamaran yang masuk sebanyak 8519 pelamar, dan formasi keseluruhan penerimaan CPNS Pemkot Tasikmalaya 2010 tersedia 173 orang, yakni tenaga pendidikan guru 78 orang, tenaga kesehatan 52 orang, tenaga teknis 43 orang.

Pelaksanaan tes CPNS akan digelar 5 Desember mendatang di beberapa tempat, antara lain di sekolah-sekolah yang lokasinya strategis. ***3***

Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010