Sumber, 28/10 (ANTARA) - Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dapat memenuhi sendiri kebutuhan akan hewan korban, khususnya domba, sedangkan sapi harus mendatangkan dari daerah lain.

Menurut Kasi Ternak Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon Setio Utomi, di Sumber, Kamis, kebutuhan hewan korban kabupaten berpenduduk sekitar dua juta jiwa tersebut sekitar 1000 ekor domba.

"Sedangkan populasi domba sekitar 170 ribu ekor," kata Setio Utomi.

Menurut dia, dari populasi domba tersebut sekitar 60 ribu ekor adalah domba jantan.

Mengenai populasi kambing tidak sebanyak domba. Jumlah kambing di Kabupaten itu sekitar 9.500 ekor.

Menurut dia, pada setiap Idul Adha yang paling banyak dicari orang untuk korban biasanya adalah domba yang bulunya lebat.

Sedangkan kebutuhan akan sapi untuk Idul Adha, kata dia, biasanya didatangkan dari daerah lain seperti Jateng dan Jatim.

Kebutuhan sapi pada hari biasa saja sekitar 40 ekor, sedangkan populasi ternak sapi di Kabupaten Cirebon 775 sapi jantan dan 1.085 sapi betina.

"Kebutuhan sehari-hari harus mendatangkan dari daerah lain. Apalagi kebutuhan korban yang mencapai ratusan ekor," katanya.

Dia mengatakan, hewan ternak yang dijual menjadi korban, baik sapi dari daerah lain dan domba yang dipenuhi oleh peternak Kabupaten Cirebon, harus dijamin kesehatannya.

"Kami akan memantau hewan yang akan di jual untuk korban guna memastikan kesehatan hewan," katanya. ***2***

Yasad A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010