Depok, 4/10 (ANTARA) - Seminar Internasional dan pameran "Batik Indonesia sebagai Ikon Budaya Bangsa" di Auditorium Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Kampus UI, Depok, 4 - 8 Oktober 2010 menandai peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober lalu.

Jurubicara UI, Vishnu Juwono dalam siaran pers, Senin, mengatakan, pembukaan rangkaia acara ini, akan dilakukan oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat, Selasa.

Seminar internasional Batik Indonesia akan menampilkan pembicaraan Dirjen Pemasaran Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Dr. Sapta Nirwandar, Dr. Agus Aris Munandar (FIB UI), Ibu Judi Tjahyadi dan Ibu Asmoro Damais dari Pusat Dokumentasi Wastra dan Busana Indonesia, serta pakar batik Indonesia Firman Ichsan.

Pembicara lainnya adalah Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah, Fauzi Azis, Ditjen IKM Kementerian Perindustrian Andang Fatalinadya, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Prof. Dr. Arief Rachman.

Selain itu untuk menyemarakkan peringatan Hari Batik Nasional tersebut juga diadakan pameran "Eco Batik" pada 5-8 Oktober, serta Kompetisi Membatik Desain Batik UI (4 Oktober) yang merupakan hasil kerja sama BEM UI, Museum Tekstil dan Balai Bear KErajinan Batik, Yogyakarta.

"Diharapkan kegiatan ini dapat mengembangkan Batik Indonesia sebagai salah satu unsur ekonomi kreatif di Indonesia," kata Vishnu.

Rangkaian acara tersebut merupakan kerja sama Departemen Arkeologi FIB UI bersama
Yayasan Kadin Indonesia, Yayasan Batik, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pendidikan Nasional.

Teguh Handoko

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010