Soreang, 24/9 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mulai memberi pelayanan pemberian vaksin maningitis kepada seluruh jemaah calon haji musim haji 2010 melalui Puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan.

"Vaksin itu diberikan untuk kekebalan tubuh para jemaah terhadap penyakit radang pernafasan," kata Kepala Puskesmas Soreang Kabupaten Bandung, Enda Nurlinda, kepada wartawan, Jumat.

Di Puskesmas Soreang, petugas medis bersama dokter yang ada melayani 119 calon jemaah haji yang berasal dari seluruh kelompok bimbingan haji (KBIH) di Kecamatan Soreang.

Pemberian vaksin, kata Enda, merupakan salah satu "kewajiban" bagi para jemaah calon haji untuk kekebalan terhadap penyakit yang biasa terjadi di daerah panas, antara lain radang pernafasan.

Arab Saudi, kata Enda, merupakan daerah panas, sehingga para jemaah calon haji harus diberi vaksin untuk menjaga kesehatan mereka selama berada di tanah suci dalam melaksanakan rukun Islam kelima tersebut.

"Kita tahu negara Arab Saudi kan daerah berhawa panas. Karena itu pemberian vaksin ini 'wajib hukumnya' bagi jemaah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci," katanya.

Salah seorang petugas Puskesmas Kecamatan Soreang, Astuti, menyebutkan, calon jemaah haji yang datang ke untuk diberi vaksin tersebut rata-rata mencapai 40 orang, yang diperkirakan selesai selama empat hari kerja.

Pemberian vaksin terhadap para calon tamu Allah itu, lanjut Astuti merupakan kesibukan khusus setiap tahun saat menjelang musim haji bagi setiap Puskesmas, termasuk Puskesmas Soreang tempatnya bekerja. ***4***
(U.pso-156/B/A027/A027) 25-09-2010 00:51:28

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010