Sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di kawasan pusat Kota Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Dalem Kaum dan Jalan Otto Iskandar Dinata masih terdapat kerumunan masyarakat melakukan aktivitas belanja menjelang Lebaran, pada Minggu siang.
 
Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku terus mengevaluasi timbulnya situasi kerumunan perbelanjaan tersebut bersama dengan Satgas Penanganan COVID-19. 
 
"Saya terus melakukan evaluasi terus, karena memang luar biasa masyarakat ini, seperti sudah tidak ada COVID-19," kata Oded di Bandung, Jawa Barat, Minggu.
 
Adapun berbagai pusat perbelanjaan yang dipadati oleh masyarakat itu yakni Pasar Baru Trade Center, Kings Mall, Yogya Kepatihan, dan Plaza Parahyangan. 
 
Beberapa dari pusat perbelanjaan itu nampak telah menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan mengatur jumlah pengunjung. Sehingga para pengunjung yang belum masuk, masih harus antre di pintu mal tersebut.
 
Namun di kawasan Jalan Kepatihan lalu lalang masyarakat nampak menciptakan kerumunan. Karena pengelola mal hanya mengatur pengunjung yang akan masuk ke mal tersebut.
 
Selain di Jalan Kepatihan, kerumunan masyarakat pun tercipta di Jalan Dalem Kaum. Jalan tersebut memang sebagiannya diperuntukkan kepada pejalan kaki. 
 
Meski sejumlah personel Satpol PP juga bersiaga di lokasi tersebut, namun animo masyarakat yang ingin berbelanja menjelang Lebaran menimbulkan kerumunan yang tak terhindarkan.
 
Menurut Oded, tidak menutup kemungkinan sejumlah pusat perbelanjaan akan ditutup sementara oleh Pemkot Bandung guna mencegah timbulnya kerumunan. 
 
"Saya minta ke Satgas di lapangan dan pak Sekda sebagai ketua harian untuk terus berkoordinasi dengan Forkopimda yang ada, dengan pak Kapolrestabes juga, kalau dibutuhkan ditindak ditutup, pasti ditutup" kata Oded.

Baca juga: Pemkab Bandung gelar operasi pasar murah di 6 kecamatan jelang Idul Fitri

Baca juga: BMKG perkirakan mayoritas daerah diguyur hujan termasuk Bandung

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021