Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Bank Jabar Banten (BJB) menggandeng komedian Eli Sugigi untuk mengajak para UMKM di wilayahnya bertransformasi ke bisnis digital.

"Jangan kalah sama artis. Saya optimis UMKM Kabupaten Bogor bisa berkembang, maju dan sukses melalui bisnis secara online," ungkap Eli Sugigi saat hadir dalam pelatihan UMKM di Kantor BJB, Cibinong, Bogor, Rabu.

Artis yang juga menekuni bisnis online itu mengakui bahwa bisnis online memberikan keuntungan yang signifikan terhadap penjualan produk yang dipasarkan.

Sementara itu, Kepala Cabang BJB Cibinong, Boy Panji Soedrajat mengatakan, kegiatan pelatihan itu merupakan implementasi dari perjanjian kerja sama antara BJB Cibinong dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor.

"Di tengah pandemi COVID-19 dan tantangan revolusi 4.0, kita sudah saatnya melakukan bisnis secara online. Perlu diingat juga bahwa pangsa pasar kita tidak hanya yang ada sekitar tetapi di seluruh negeri bahkan bisa saja sampai keluar negeri," ujar Boy.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana mengatakan, strategi bisnis berbasis digital sangat penting untuk dilakukan, mengingat banyaknya jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Bogor yang mencapai 707 ribu pelaku UMKM.

"Di tengah pandemi banyak juga UMKM yang memproduksi barang sesuai kondisi saat ini, seperti masker, wastapel pencuci tangan, hand sanitizer dan lainnya. Agar optimal pemasaran maupun transaksi jual belinya pun harus dilakukan secara online," kata Asep.

Baca juga: Program "Pancakarsa" Bupati Ade Yasin jadi buah bibir kaum milenial

Baca juga: Bank BJB diminta ekspansi ke seluruh Indonesia pada 2021

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021