Depok, 16/7 (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Indonesia Tantia Dian Permata meraih penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama Nasional 2010 dari Kementerian Pendidikan Nasional.

Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan di Depok, Jumat, Tantia berhasil menyisihkan sembilan finalis dari 82 kandidat lainnya yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri se-Indonesia.

Penganugerahan "Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Utama Nasional 2010" itu sendiri berlangsung Kamis malam di Hotel Sahid Jaya, Jakarta.

Seleksi Mapres Utama di antaranya melalui presentasi karya ilmiah dan tes psikologi.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UI tersebut dalam presentasi ilmiah mengusung karya tulis berjudul "Pengembangan Pariwisata dengan Mengembangkan Sustainable Tourism Marketing Development untuk Meningkatkan Daya Tarik Investasi Pariwisata menuju Indonesia yang Sejahtera, Demokratis dan Berkeadilan 2014".

Atas prestasinya, Tantia berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp17,5 juta serta piagam dan plakat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas.

Vishnu mengatakan, sudah dua tahun berturut-turut mahasiswa UI berhasil mempertahankan gelar Mapres Utama Nasional.

Pada tahun 2009 penghargaan serupa diraih Muchdlir Zauhariy, mahasiswa FEUI.

"Ini menandakan keseriusan UI dalam mendidik mahasiswa berkualitas yang mampu bersaing di kompetisi nasional dan internasional," katanya.

Sebelumnya pada 8-10 Juli 2010 dalam kompetisi Shell Eco-marathon Asia 2010 di Sepang International Circuit Malaysia, mahasiswa Fakultas Teknik UI melaui tim "Equator" menjadi runner-up 1 dan tim "Pasopati" FTUI meraih runner-up 2 untuk kategori urban type dengan mesin internal combustion.

Teguh Handoko

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010