Depok, 28/6 (ANTARA) - Universitas Indonesia akan menyelenggarakan kuliah umum dengan materi dari Wakil Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Dato' Haji Muhyiddin Haji Mohd Yassin pada 29 Juni 2010.

Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Vishnu Juwono, di Depok, Senin, mengharapkan kuliah umum ini dapat memperkokoh hubungan antara kedua bangsa dalam merespon dinamika sosial-ekonomi yang terjadi di kawasan Asia Tenggara dan benua Asia.

Selain itu, kata dia, dapat juga menyamakan persepsi terhadap isu-isu global yang akan mempengaruhi kondisi tiap negara dan kawasan Asia pada beberapa dekade mendatang, mendorong kerja sama di kalangan generasi muda, kaum intelektual, budayawan, dan pekerja sosial antarbangsa dalam beragam proyek kemanusiaan.

Vishnu mengatakan kuliah umum yang mengusung tema "Demokrasi dan Pertanggungjawaban Sosial di Asia" itu, akan dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB di Balai Sidang UI kampus Depok.

Menurut dia, kuliah umum yang diprakarsai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI akan dihadiri Plh Rektor Universitas Indonesia Dr Ir Muhammad Anis, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia H.E. Dato' Syed Munshe Afdzaruddin Syed Hassan.
Kuliah umum tersebut, menurut Vishnu juga akan dihadiri berbagai elemen masyarakat seperti kalangan politisi, peneliti, akademisi, aktivis lembaga swadaya masyarakat, dan pengusaha.
"Diharapkan dari kuliah umum itu dapat menciptakan persepsi yang sama terkait dengan isu demokrasi dan sosial dalam lingkup hubungan antarnegara di Asia, serta dapat meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawab generasi muda terhadap permasalahan bangsa dan dunia di sekitarnya," katanya.

Feru L

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010