Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi membagikan 200 lembar masker kepada para penjaga toko serta pedagang di Pasar Tradisional Tegaldanas, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat pada Rabu (3/2).

"Dibantu prajurit TNI dan aparat pemerintah daerah, kami akan terus kampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat. Kegiatan ini sebagai ikhtiar kami membantu pemerintah mencegah penularan COVID-19," kata Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Polisi Hendra Gunawan di Cikarang, Rabu.

Hendra mengatakan kegiatan pembagian masker ini merupakan aktivitas rutin yang sudah dilakukan pihaknya sejak akhir pekan lalu guna menurunkan tingginya angka penyebaran COVID-19 dalam beberapa hari terakhir.

"Berdasarkan hasil pantauan di wilayah hukum kami, para pedagang mulai kendur dalam membiasakan diri memakai masker. Untuk itu kita ingatkan lagi mereka," ucapnya.

Dalam kesempatan itu pihaknya memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan 5M secara ketat yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Mudah-mudahan COVID-19 ini segera berlalu, maka dari itu tetap terapkan 5M," kata Hendra yang juga menjabat Wakil Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi.

Hendra mengingatkan para pedagang untuk tidak melakukan perbuatan melanggar hukum dengan menimbun sejumlah komoditas bahan pokok di masa pandemi ini.

"Kondisi perekonomian kita sedang sulit akibat pandemi jadi saya tegaskan jangan sekali-kali menimbun stok terutama bahan pokok. Kita bantu pemerintah lewat upaya pemulihan ekonomi yang sedang berjalan," katanya.

Hendra juga menyarankan agar para pedagang dapat memanfaatkan penggunaan teknologi dengan berjualan melalui aplikasi atau pesan layanan antar secara daring.

"Akan lebih bagus lagi dagangan ini dapat dipasarkan melalui aplikasi dan antar jemput online tanpa harus bersentuhan langsung," kata dia.

Polres Metro Bekasi sejak akhir pekan lalu melakukan kegiatan pembagian masker secara rutin kepada masyarakat dengan menyasar sejumlah area publik seperti pasar, terminal, stasiun, maupun titik simpul keramaian lain.

Sebelum menuju Pasar Tegaldanas, Polres Metro Bekasi sudah melakukan kegiatan serupa di Pasar Serang, Pasar Cibitung, Tambun, Terminal Kalijaya, serta Simpang Sentra Grosir Cikarang.

Baca juga: Polres Bekasi bagikan 300 masker kepada pedagang pasar

Baca juga: Polres Metro Bekasi terima bantuan 3.000 masker

Baca juga: Pemkab Bekasi luncurkan "Genggam" tingkatkan kepatuhan protokol kesehatan

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021