Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok Asnawi mengajak semua tokoh agama menyukseskan program vaksinasi COVID-19 untuk memutus mata rantai penularan virus corona jenis baru tersebut di daerah setempat.

"Tidak usah takut sebab ini demi kesehatan kita semua," katanya dalam keterangan usai dilakukan vaksin untuk kedua kalinya di RSUI Depok, Kamis.

Ia mengatakan tidak ada efek samping yang dialaminya setelah disuntik vaksin COVID-19 yang kedua. Ia sebelumnya sudah melakukan vaksinasi bersama sejumlah pejabat Kota Depok pada 14 Januari 2021.

"Alhamdulillah tidak ada efek samping setelah disuntik vaksin Sinovac. Semoga ke depannya tidak ada gejala dan tetap sehat," ujarnya.

Selama 14 hari setelah disuntik vaksin yang pertama, ia juga tidak mengalami gejala dan gangguan kesehatan.

Tahapan untuk suntik vaksin kedua juga sama dengan tahap pertama, yaitu dilakukan skrining pertanyaan seputar indikator kesehatan. Setelah memenuhi persyaratan, dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin.

"Setelah penyuntikan, tetap diberikan waktu untuk rehat 30 menit dan diperiksa kembali apakah ada reaksi negatif atau tidak," katanya.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana yang juga menerima vaksin kedua, mengatakan pemberian vaksin COVID-19 dosis kedua di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI) berjalan lancar.

Para pejabat, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Depok, dan tenaga kesehatan (nakes) yang sudah divaksinasi untuk dosis pertama, kembali disuntik untuk mendapatkan vaksin dosis kedua.

"Alhamdulillah, suntik vaksin COVID-19 dosis kedua sudah diberikan dan berjalan lancar sesuai SOP yang ditetapkan," katanya.

Dadang menuturkan suntikan vaksin dosis pertama sudah diberikan pada 14 Januari.

Sebagai salah satu peserta vaksinasi, dia menjelaskan untuk proses penyuntikan vaksin dosis kedua tetap dilakukan skrining kesehatan.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tidak ragu dan ikut menyukseskan vaksinasi dengan harapan dapat mewujudkan kekebalan kelompok.

Baca juga: Pemkot Depok siap laksanakan vaksinasi COVID-19 termin kedua

Baca juga: Wali Kota Depok tidak disuntik vaksin COVID-19

Baca juga: 10 pejabat di Kota Depok divaksinasi tahap pertama

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021