Bandung, 7/6 (ANTARA) - Tim Dokter RSHS Bandung yang menangani si "Manusia Akar", menyatakan tidak akan bertanggung jawab atas tindakan keluarga Dede yang mengolesi kutil Dede dengan minyak tanah dari Lampung dan tepung.

"Saya mendapatkan kabar kalau Dede si 'manusia akan' menggunakan minyak tanah dari Lampung, katanya itu obat tradisional. Kalau ada apa-apa dengan kesehatan dia, maka itu diluar tanggung jawab kami," kata Tim dokter RSHS Bandung dr.Rachmat, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Senin.

Ia menjelaskan, di dalam minyak tanah terkandung racun dan itu bisa membahayakan kesehatan Dede.

Pihaknya menyayangkan atas sikap keluarga Dede yang memberikan obat sembarangan kepada Dede.

"Mungkin keluarga mendengar ada obat tradisional yang bisa menyembuhkan kutil Dede. Tapi kami sangat menyayangkan sekali. Sebaiknya kalau mau pakai obat harus ada bukti medis. Sebaiknya jangan memakai obat sembarangan," ujar Dr Rahmat.

Ia menyarankan agar keluarga Dede membawa Dede untuk kontrol ke RSHS.

"Kalau memang obat salepnya habis maka tinggal datang saja ke sini (RSHS Bandung). Dede juga bisa kontrol kapan saja ke RSHS tanpa harus menunggu telepon dari RSHS," katanya.

Operasi terakhir atau ke-10, Dede "Manusia Akar", dilakukan pada bulan April 2010.

Namun, usai operasi tersebut. kutil di bagian tangan dan kaki Dede tumbuh kembali dan membuat pihak keluarganya memberikan obat tradisional berupa minyak tanah dari Lampung dan dibalur oleh tepung.***3***


(U.KR-ASJ/B/Y003/Y003) 07-06-2010 12:33:07

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010